Longsor TPT SMAN 1 Pamijahan, KCD Lempar ke Pemkab Soal Anggaran Pembangunan

Inilah lokasi TPT yang ambruk di halaman SMAN 1 Pamijahan. Age | Pakar

PAMIJAHAN – Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat mengaku kebingungan untuk membangun kembali tembok penahan tanah (TPT) SMAN 1 Pamijahan yang sempat ambruk karena longsor beberapa hari.

Hal itu disampaikan oleh Kasubag Tata Usaha Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Cucu Salman bahwa pihaknya tidak memiliki anggaran untuk melakukan pembangunan TPT sepanjang 15 meter tersebut.

“Kita kesulitan untuk membangun kembali TPT ini, karena itu terkena bencana alam. Dan untuk perawatan atau pembangunannya kita tidak ada anggarannya,” kata Cucu Salman kepada PAKAR, pada Selasa 7 November 2023.

Ia juga menuturkan bahwa pihaknya telah melaporkan kejadian ini ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Meskipun ini bentuknya bencana alam dan tidak ada anggaran untuk perbaikannya. Kita sudah melaporkan ke Disdik Jabar dan sekaeang sedang menunggu hasilnya,” tuturnya.

Bukan hanya itu ia juga menyebut terdapat satu ruang kelas milik SMAN 1 Pamijahan yang rawan mengalami bencana alam, sehingga kelas tersebut dikosongkan untuk sementara waktu.

“Tidak ada ruang kelas yang terdampak, tapi ada satu ruang kelas di bagian pinggir mengalami rawan longsor. Maka kita sementara waktu ini mengkosongkan ruang kelas itu terlebih dahulu,” ungkapnya. AGE

Sebelumnya, Humas KCD Pendidikan Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Yanwar membenarkan bahwa terjadi longsor di SMAN 1 Pamijahan, namun itu hanya sebagian kecil dibagian tembok penahan tanah saja.

“Benar ada longsor, tapi itu hanya sebagian kecil. Dan yang terdampak hanya bagian tembok saja dan tidak mengenai pada bangunan sekolah,” katanya kepada PAKAR, pada Senin 6 November 2023.

Ia memastikan bahwa ambruknya tembok penahan tanah tersebut tidak akan mempengerahui proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMA Negeri 1 Pamijahan.

“Untuk proses belajar mengajar tidak akan berpengaruh dan siswa akan terus melaksanakan kegiatan belajar mengajar,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kompi TRC BPBD Kabupaten Bogor, Hayat Hidayat mengatakan bahwa TPT sepanjang 15 meter lebih tersebut mengalami ambruk akibat longsor saat intensitas curah hujan tinggi melanda diwilayah tersebut.

“Dikarenakan hujan dengan intensitas cukup tinggi dan cukup lama, sehingga mengakibatkan TPT sepanjang 15 meter, tinggi 7 meter dan lebar 3 meter ambruk dan berdampak kepada SMAN 1 Pamijahan,” katanya kepada PAKAR, pada Minggu 5 November 2023.

Ia mengungkapkan bahwa longsornya TPT sepanjang 15 meter tersebut terjadi tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB, Hari Sabtu 4 November 2023

“Longsornya TPT SMAN 1 Pamijahan ini terjadi tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB. Dan untuk saat ini material longsoran yang menutupi jalan sebagian sudah dibersihkan dan bisa dilalui oleh kendaraan, karena saat malam kemarin, material TPT itu sempat menutupi jalan,” ungkapnya.

Hayat Hidayat meminta kepada warga setempat untuk tetap waspada sebab memprediksi untuk kedepannya akan diguyur hujan kembali dengan intensitas cukup tinggi.

“Hasil analisa anggota, butuh penanganan lebih lanjut dari Dinas terkait. Dan kita minta warga setempat untuk waspada, sebab akan terjadi hujan deras kembali dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.