Longsor, Akses Jalan Tetutup, Satu Rumah Warga Terancam

Warga tengah membersihkan tanah longsoran yang menutup akses jalan di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. IST

BABAKAN MADANG – Bencana longsor terjadi di Jalan Raya Karang Tengah – Sukamakmur, tepatnya di Kampung Wangun RT 01/RW 15, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu (21/2/2021).

Dari informasi yang didapat, longsor yang terjadi sekira pukul 03.00 WIB itu berasal dari tebingan yang persis berada di bahu jalan utama warga. Akibatnya, akses jalan tertutup dan tidak dapat dilalui.

“Ini akibat hujan dengan waktu yang cukup lama dan kondisi tanah yang labil sehingga mengakibatkan tebingan longsor menutupi akses jalan,” ungkap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo, Minggu (21/2/2021).

Tak hanya menutup akses jalan, Budi menyebut jika longsoran tersebut juga mengancam satu unit rumah yang ada di kawasan sekitar.

“Satu unit rumah yang diisi 3 orang terancam. Atas nama Ibu Hobsoh. Kami sudah lakukan assessment untuk tetap waspada karena hujan masih terus mengguyur,” ungkap Budi.

Dalam proses evakuasi, BPBD Kabupaten Bogor bekerjasama dengan warga setempat. “Jalan saat ini sudah bisa dilalui. Beberapa personel dari TRC BPBD Kabupaten Bogor, staf desa dan masyarakat bekerjasama melakukan evakuasi,” jelas Budi. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.