Longsor, Akses Jalan Cianjur – Sindangbarang Tertutup Tebing Setinggi 15 Meter

CIANJUR – Akibat diguyur hujan deras dan angin kencang, tebing setinggi 15 meter longsor, Selasa malam (25/06/2024). Hal itu terjadi di ruas Jalan Provinsi Jawa Barat (Jabar) antara Jalan Cianjur – Sindangbarang, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibinong Cianjur selatan. Beruntung dalam peristiwa kejadian longsor tebing tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun, beberapa warung kosong yang persis tinggal dipinggiran tebing tersebut, hanyut terbawa tebing longsor.


Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Sukma Wijaya membenarkan jika, longsor tersebut terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 22.00 Wib. Awalnya hujan deras mengguyur sejak Selasa sore. “Tebing setinggi 15 meter longsor setelah beberapa jam wilayah Cianjur selatan diguyur hujan deras,” terang Asep kepada wartawan Rabu (26/26/2024).


Menurutnya, longsor tersebut tidak menyebabkan korban jiwa lantaran saat terjadi tidak ada aktivitas warga atau masyarakat sekitar. “Saat kejadian pemilik warung sudah tidak di lokasi. Tidak ada pengendara yang berteduh juga. Jadi tidak ada korban luka ataupun jiwa,” katanya.


Akibat bencana longsor tersebut, lanjut Asep, akses dari Cianjur menuju Sindangbarang ataupun sebaliknya lumpuh total. Pasalnya jalan provinsi yang jadi akses utama tertutup material longsor dan warung yang terseret longsoran. “Warungnya kan terseret dan menutup jalan. Selain itu material longsor juga menimbulkan jalan setinggi 2 meter,” ujarnya.


Dia mengatakan hingga Rabu (26/6/2024) dini hari sekitar pukul 01.00 Wib, akses jalan masuk lumpuh. Petugas dari Dinas PUPR Jawa Barat dan dibantu relawan masih berusaha membersihkan material longsoran. “Akses masih tertutup sementara. Segera kami akan tangani agar jalan provinsi tersebut bisa dilalui lagi. Alat berat juga sudah diturunkan,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.