Libur Panjang, Polisi Berlakukan Ganjil-Genap di Puncak Mulai Besok

Polisi berlakukan ganjil genap di kawasan wisata Puncak mulai besok. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Polisi akan memberlakukan sistem ganjil genap menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor menjelang libur panjang pekan ini.

Kebijakan tersebut akan mulai dilakukan pada Rabu 31 Mei 2023 sore hingga Minggu 4 Juni 2023.

“Iyah, mulai besok sore kami akan ganjil genap sampai hari Minggu,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, Selasa (30/5/2023).

Penerapan sistem ganjil genap menuju kawasan wisata ini diberlakukan karena pada 1 Juni bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Kemudian 3 sampai 4 Juni Hari Raya Waisak, dimana pemerintah pun telah memutuskan tanggal 2 Juni menjadi cuti bersama.

Menurut Ardian, kebijakan ganjil genap juga diterapkan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021.

“Dalam Permenhub itu dikatakan bahwa ganjil genap menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan satu hari menjelang hari libur nasional,” jelasnya.

Polisi pun memprediksi kepadatan di Jalur Puncak pada momen libur panjang itu akan terjadi pada Jumat 2 Juni 2023. Apabila nantinya terjadi peningkatan volume kendaraan signifikan, kata Ardian, pihaknya akan menerapkan sistem satu arah atau one way di Jalur Puncak.

“Kemungkinan (kepadatan) mulai Jumat sore sampai malam, tapi kami masih melihat situasi. Apabila ada kepadatan kita terapkan one way,” tandasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.