Libur Lebaran, Ruas Jalan Rancabungur Menuju Ciampea ‘Lumpuh’

Kondisi jalan dari Rancabungur menuju Ciampea macet parah. Banyak sepeda motor warga yang mesinnya rusak. (Fahri | Pakar)

RANCABUNGUR – Kemacetan parah terjadi di ruas jalan penghubung antara Kecamatan Rancabungur dan Ciampea. Titik kemacetan tampak terjadi di sekitar tanjakan sebelum pasar Ciampea dan di sekitar pasar tradisional tersebut.

Akibat kemacetan parah itu, sejumlah kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor yang mendadak mesinnya mati. Hal itu karena kemacetan ada di posisi tanjakan dan mesin kendaraan tidak bisa dimatikan dengan kondisi penumpukan kendaraan dengan jumlah banyak.

“Macetnya parah, kendaraan saya hampir tidak bisa bergerak karena menumpuk di tanjakan. Saya liat banyak mesin sepeda motor jebol dan mati total karena lama terjebak macet,” ungkap Haerudin (40), warga Kecamatan Kemang yang hendak menuju Pamijahan, Kamis (5/5/2022).

Sebagai informasi, kemacetan di ruas jalan ini memang seringkali terjadi pada hari-hari biasa sekalipun. Selain padatnya lalu lintas antar wilayah, di lokasi ini pun ada pasar tradisional Ciampea lama yang posisinya ada di pinggir jalan dan masih ramai dengan aktivitas jual beli, meski sudah ada pasar yang baru.

“Saat liburan akhir pekan maupun libur nasional, terlebih seperti sekarang libur lebaran, kondisi kemacetan makin parah karena banyak warga hendak berwisata ke arah Pamijahan dan lainnya,” ucap Rudi, warga Ciampea.

Pantauan di lokasi, kemacetan terjadi di dua jalur baik menuju Ciampea atau arah sebaliknya menuju Rancabungur. Akibat kondisi kemacetan parah ini, banyak dari pengendara kendaraan bermotor yang memutar balik arah kendaraan mereka. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.