Libur Lebaran Jadi Momentum Geliatkan Sektor Pariwisata di Cianjur

Inilah salah satu lokasi tempat wisata di Kabupaten Cianjur. Endi | Pakar

CIANJUR—Menyusul berbagai aturan yang tidak terlalu mengikat, momentum libur panjang hari raya Idulfitri 1443 Hijriyah, sektor parawisata optimis bakal kembali menggeliat ditahun 2022 ini. Pasalnya sebagaimana arahan surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian maupun Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, saat ini tren kasus Covid-19 terus melandai.”kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Pratama Nugraha, kepada wartawan Kamis (21/4/2022).


Menurutnya, sebagaimana arahan dari pemerintah pusat (Pempus) melalui surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian maupun Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, saat ini tren kasus covid-19 terus melandai. “Bahkan kondisinya saat ini memunculkan wacana menetapkan pandemi covid-19 menjadi endemi. Ini tentu menjadi angin segar bagi sektor pariwisata,” kata Pratama kepada wartawan.


Saat liburan Idul Fitri 1443 Hijriyah nanti, lanjut Pratama, harus bisa menjadi momentum bangkitnya kembali sektor pariwisata. Pasalnya, kurun dua tahun terakhir bersamaan pandemi covid-19, pariwisata sangat terdampak besar. “Libur Lebaran tahun ini semua objek wisata di Kabupaten Cianjur sudah bisa dikunjungi wisatawan. Kami akan sesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat,” ucapnya.


Pratama mengaku selama dalam kurun waktu dua tahun berlangsungnya pandemi covid-19, semua pelaku usaha sektor pariwisata sudah menjalankan berbagai aturan protokol kesehatan covid-19. Karena itu, saat ini ketika kebijakan pemerintah terus melonggarkan aturan, jadi bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.
“Tapi kami juga tetap mengedepankan disiplin penerapan protokol kesehatan di setiap para pelaku usaha. Mayoritas pelaku usaha pariwisata, terutama hotel dan restoran di Kabupaten Cianjur sudah mengantongi sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memasang aplikasi PeduliLindungi, dan banyak lagi,” tegasnya.


Dia mengatakan untuk memastikan penerapan prokes covid-19, selama libur Idulfitri 1443 Hijriyah, Disbudpora Kabupaten Cianjur akan mengintensifkan monitoring. Akan dikerahkan petugas ke setiap objek wisata. “Kami berharap Kabupaten Cianjur bisa banyak dikunjungi wisatawan. Wisata alam yang ada Cianjur bisa menjadi obat melepas kepenatan karena potensinya sangat indah. Tetap terapkan prokes secara ketat,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.