Lewat Bankeu, Pemkab Akan Benahi Sungai di Kawasan Puncak

Aliran sungai Ciliwung. (Yusman | Pakar)

CIAWI – Bupati Ade Yasin memastikan Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke Pemerintah Kabupaten Bogor pada tahun 2022 ini lebih difokuskan pada penanganan banjir DKI. Salah satunya revitalisasi sungai di kawasan Puncak.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Bogor tetap mengajukan sebanyak-banyaknya bantuan keuangan tersebut untuk hal lainnya.

Menurut, Ade Yasin, pada tahun 2021 lalu Pemerintah Kabupaten Bogor hanya mendapatkan Rp1,9 miliar dari Bankeu Pemprov DKI. Angka itu harus naik di tahun 2022 ini.

“Terkait bantuan keuangan DKI, Pemkab mengajukan sebanyak-banyaknya, tapi biasanya turunnya tidak seberapa,” ujar Ade Yasin saat berada di Hotel Pullman Ciawi, Selasa (22/3/2022).

Penurunan bantuan keuangan ini disebabkan, banyak anggaran Pemprov DKI yang masih terkena refocusing. “Seperti tahun 2021 hanya turun Rp1,9 miliar,” ucapnya.

Di tahun 2022 ini, kata Ade Yasin, penanganan banjir menjadi prioritas. Namun demikian, Ia berharap bantuan keuangan akan lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Penyebab banjir itu kan aliran air dari sungai, jadi bantuan keuangan nantinya akan kita realisasikan ke revitalisasi sungai di kawasan Puncak,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Rumpun Hijau, Sunyoto meminta revitalisasi sungai lebih dikedepankan pada pembenahan bibir sungai yang kerap dipenuhi bangunan liar.

Kedua, soal penanganan sampah sungai yang hingga saat masih ada ratusan ton sampah dibuang ke sungai.

“Saya pikir ketika persoalan sampah di sungai dan bangunannya di bibir sungai sudah selesai, fungsi sungai akan benar-benar maksimal, dan selanjutnya pembenahan di hilir, ketika semua berjalan, banjir tidak akan parah,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.