Lelang Pekerjaan Awal Tahun Hanya Isapan Jempol, Wabup: Persoalan Klasik

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, untuk melelang pekerjaan di awal tahun masih sebatas isapan jempol.

Berdasarkan data yang ada dalam
lpse.bogorkab.go.id per 18 Januari 2022, baru ada dua paket yang mengajukan lelang. Yakni proyek makan minum di RSUD Leuwiliang, dan Firewall dan Center Hardware dan Software pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Bahkan dalam data tersebut, paket yang diajukan oleh Diskominfo Kabupaten Bogor pun mengalami batal tender.

“Ya benar, baru dua pake lelang yang sudah masuk ke kami. Untuk dinas lainnya belum ada ya,” ujarKepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa (BPBJ) Kabupaten Bogor, Adriawan kepada wartawan.

Adriawan mengaku sudah melakukan sosialisasi kepada dinas-dinas yang memiliki paket lelang dengan anggaran cukup besar untuk segera mengajukan lelang.

“Kita sudah bicara pada dinas-dinas agar segera melengkapi pemberkasannya. Karena meski lelangnya cepat dilakukan tetap ada resiko telat. Seperti gagal lelang karena tidak ada perusahaan yang memenuhi kuakifikasi atau yang lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan pihaknya sempat membahas persoalan lelang pekerjaan tersebut dengan sejumlah dinas. Namun dia pun mengaku heran karena masih banyak dinas yang telat mengajukan lelang meski anggaran pekerjannya cukup besar.

“Inikan persoalan klasik, dari dulu selalu terjadi seperti ini. Padahal dulu sempat saya bahas juga bersama dinasnya, tapi tetap terjadi lagi seperti ini,” cetus Iwan.

Iwan menginginkan, pekerjaan yang menggunakan anggaran seperti pekerjaan kontruksi dapat dilelangkan pada awal tahun. Bahkan ia sempat mewacanakan agar pekerjaan-pekerjaan yang memakan waktu panjang dapat dilelangkan langsung setelah ABPD diketuk.

“Kita memang sempat ada wacana agar lelang yang besar-besar dilakukan setelah APBD diketuk atau ditahun sebelumnya. Agar pekerjan yang lama dapat terkejar,” kata Iwan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.