Lapor ke BPTJ, Pemkab Bogor Ingin Flyover Jalan Bomang Dipercepat

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu. (Dok.Diskominfo)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah menyampaikan usulan percepatan pembangunan jalan layang atau flyover Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang) kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, pembangunan flyover Bomang tersebut akan membantu percepatan akses masyarakat hingga terhubung dengan Jalan Tegar Beriman, Cibinong.

“Sudah kami bahas bersama BPTJ,” kata Asmawa, Senin (15/11/2024).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menambahkan, biaya yang dibutuhkan untuk membangun flyover tersebut diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

“Untuk membangun flyover butuh biaya besar sekitar Rp1 triliun. Sehingga sulit jika mengandalkan APBD. Makanya kami minta ke Kemenhub agar dibantu untuk biaya pembangunannya,” kata Burhan.

Menurut Burhan, Jalan Bomang masih terhalang perlintasan KRL Commuterline Jabodetabek. Sehingga flyover menjadi solusi agar jalan tersebut bisa terhubung dengan Jalan Tegar Beriman. Terlebih tidak memungkinkan adanya perlintasan sebidang di sana.

Sementara, Plt Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Suharto mengakui telah mendengar usulan dari Pemkab Bogor dan akan meneruskan agar pembiayaan dapat diberikan untuk pembangunan fly over.

“Nanti akan kita usulkan terkait pembiayaannya,” kata Suharto. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.