Lapor, Akses Jalan Menuju Kantor Desa Mekarsari Rusak Parah dan Gelap

Kondisi Jalan Raya Ciparigi, salah satu jalan kabupaten di Desa Mekarsari saat ini kondisinya rusak parah dan gelap. Fahri | Pakar

RUMPIN – Jalan Raya Ciparigi adalah salah satu jalan utama di wilayah Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin. Namun sudah beberapa tahun belum tersentuh pembangunan padahal kondisinya sudah rusak parah.

Ironisnya, jalan sepanjang hampir satu kilometer tersebut adalah jalan menuju kantor desa, ke tempat wisata bahkan akses jalan penghubung menuju ke wilayah Tanggerang.

“Sudah lama jalan ini rusak, tapi sampai sekarang belum ada pembangunan jalan. Padahal kerusakan badan jalan capai 90 persen,” ungkap Muhamad Yamin (34) karyawan lokasi wisata Telaga Pelangi kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Ia mengatakan, warga Desa Mekarsari tentu ingin ada pembangunan jalan tersebut, terlebih sskarang sudah ramai digunakan. Menurutnya, semenjak di bangunnya area wisata Telaga Pelangi tahun 2017 dan di resmikan tahun 2018 banyak wisatawan datang diantaranya dari Tangerang, Jakarta, Bekasi dan Depok yang melintas di jalan tersebut.

“Jadi sudah seharusnya akses jalan ini segera diperbaiki. Selain digunakan warga untuk memperlancar usaha juga agar ada peningkatan roda ekonomi,” cetusnya.

Keluhan serupa disampaikan Toni, warga Desa Mekarsari lainnya. Ia menegaskan, saat ini kondisi jalan sudah rusak parah dan belum tersentuh pembangunan oleh pemerintah daerah. Ia berharap jalan ini segera diperbaiki oleh pemerintah, karena sudah sangat tidak layak.

“Kalau musim hujan kondisi jalan ini becek dan licin sering menimbulkan kecelakaan sepeda motor. Diperparah penerangan jalan juga tidak ada. Sebagai warga Bogor saya merasa malu jika melihat pembangunan di desa tetangga yang masuk Tangerang, akses jalan disana semua sudah terbangun apalagi jalan kelas kabupaten,” tandas Toni.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari Hendrik mengklaim jika Pemerintah Desa Mekarsari sudah mengusulkan perbaikan jalan raya Ciparigi sejak tahun 2019 lalu. Namun hingaa saat ini belum terealisasi.

Hendrik menuturkan, pengajuan usulan pembangunan jalan raya Ciparigi itu berdasarkan atas aspirasi dari warga masyarakat di dalam musyawarah tingkat dusun (Musdus) dan Musdes di tahun 2019.

“Pemdes Mekarsari sudah mengusulkan dalam Musrenbang Kecamatan Rumpin untuk perbaikan jalan Ciparigi termasuk lampu penerangan jalan umum (PJU) di titik jalan raya kabupaten tersebut. Ya memang kondisi jalan ini sudah tidak layak karena rusak total serta gelap. Jadi menghawatirkan saat dilalui oleh masyarakat,” pungkas Kades Mekarsari. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.