Lakukan Pencemaran Lingkungan, DLH Kabupaten Cianjur Tegur Globalindo Food

CIANJUR – Diduga mencemari lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Perusahaan Globalindo Food di Jalan Baru Cianjur-Jonggol Desa Sukasirna Kecamatan Sukaluyu, Kamis (10/6/2021).

Kepala Seksi Penegak Hukum (Gakum) DLH Kabupaten Cianjur, Dindin Solihin mengatakan, sidak ini lanjutan dari laporan warga, adanya perusahaan yang membuang cairan limbahnya ke Daerah Aliran Sungai (DAS) sehingga mengakibatkan pencemaran lingkungan karena air yang dikeluarkan berbusa dan bau.

“Keluhan dari warga. Namun, setelah kami cek langsung ternyata benar Perusahaan Globalindo Food melanggar aturan dan Ipalnya tidak berjalan,” kata Dindin kepada pakuanraya.com.

Menurut Dindin, Perusahaan Globalindo menyalahi aturan karena Ipal yang dimilikinya tidak berfungsi serta membuang limbahnya langsung ke aliran sungai. “Kami sudah menegurnya dan memberikan waktu dua minggu agar perusahaan memperbaiki Ipalnya. Selain itu, kami juga mengambil sempel air untuk dilakukan uji laboratorium,” tuturnya.

Dindin mengungkapkan, pihaknya sudah memberikan teguran dan akan melayangkan surat paksaan pemerintah agar perusahaan memperbaiki Ipalnya, melengkapi Ijin Pengolahan Limbah Cair (IPLC) dan Izin TPS Limbah B3nya.

“Suratnya sedang dibuat dan akan segera dilayangkan. Kami memberikan waktu tiga bulan atau 90 hari untuk perusahaan melengkapinya. Bila dalam waktu tersebut tidak selesai, kami akan memberikan sanksi dari mulai evaluasi dokumennya hingga pencabutan izin produksinya,” pungkasnya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.