Laju Ekonomi Naik, Bupati Minta Dinas Jangan Loyo Pulihkan Ekonomi

Bupati Bogor, Ade Yasin. (Prayoga | Pakar)

CIBINONG – Bupati Ade Yasin, meminta Satuan Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Bogor untuk bahu membahu mempertahankan dan terus meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) yang kini mulai melesat naik.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), LPE Kabupaten Bogor melesat ditahun 2021 menjadi 3,48 persen setelah terpuruk ditahun 2020 minus 1,7 persen.

“LPE kita memang sudah naik pada 2021 kemarin, jangan sampai turun lagi akibat peningkatan kasus Covid-19. Makanya kita harus jaga,” kata Ade Yasin, Rabu (9/3/2022).

Tak hanya LPE, Ade Yasin juga menyebutkan angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Bogor mengalami peningkatan dengan Rp245,22 triliun pada 2021. Jauh lebih tinggi dibanding 2020 sebesar Rp236,15 triliun.

“Saya instruksikan kepada dinas-dinas terkait yang memiliki program pemulihan ekonomi agar terus menjalankan seluruh kegiatannya,” tegasnya.

Selain itu, untuk meningkatkan LPE yang cukup signifikan Pemkab Bogor pun terus bersolek diri agar menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Bogor.

Bahkan Ade Yasin berharap tahun ini angka kunjungan wisata Kabupaten Bogor meningkat setelah angkanya turun drastis akibat Pandemi Covid-19.

“Tahun 2020 angka wisata kita turun jadi empat juta kunjungan, tapi tahun 2021 sudah mulai naik lagi di angka enam ribuan, semoga tahun ini angkanya kembali meningkat,” paparnya.

Melihat data BPS, angka kunjungan wisata Kabupaten Bogor terus mengalami peningkatan sejak tahun 2017 yakni 7,3 juta kunjungan, kemudian tahun 2018 sebanyak 7,5 juta kunjungan, dan tahun 2019 sebanyak 9,4 juta kunjungan.

Dengan penurunan tersebut, Ade Yasin meminta agar jajaranya terus berinovasi khusus Dinas Kabudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang menjadi ujung tombak untuk meningkatkan kujungan wisata di Kabupaten Bogor.

“Saya minta semuanya bekerja agar pemulihan ekonomi ini bisa kita lakukan segera,” tandasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.