Lahan Sekolah Bersengketa, Ratusan Siswa Yayasan Eka Wijaya Terlantar

Mediasi orang tua siswa dan pihak Yayasan Eka Wijaya yang didampingi pemerintah setempat. (Age | Pakar)

CIBINONG – Ratusan siswa Yayasan Eka Wijaya di Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, terlantar. Musabab, sekolah tempat mereka menuntut ilmu itu ditutup oleh pihak yayasan.

Kondisi itu pun memicu emosi para orang tua siswa. Mereka memprotes penutupan sekolah tersebut dengan mendatangi langsung lokasi, Kamis (14/7/2022).

Lurah Ciriung, Heru membenarkan hal tersebut. Menurutnya, penutupan dilakukan oleh pihak Yayasan Eka Wijaya.

“Benar gerbang sekolah sengaja ditutup oleh pihak yayasan, alasannya karena pihak yayasan sedang mengalami sengketa lahan,” katanya.

Karena hal itu, Heru menyebutkan jika para siswa baik SMP maupun SMA di yayasan tersebut sementara waktu tidak bisa melaksanakan KBM.

“Mereka para pelajar dilarang masuk kawasan sekolah karena pihak yayasan sedang mengalami masalah, jadi para pelajar terpaksa hari ini (kemarin-red) diliburkan,” jelasnya.

Heru mengaku sudah melakukan mediasi dengan pihak sekolah tersebut dengan melibatkan beberapa perwakilan orang tua siswa.

“Kita sudah musyawarah dengan pihak yayasan dan orang tua siswa, intinya orang tua siswa meminta pihak yayasan untuk menjamin tidak akan terulang lagi kejadian tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Cibinong, AKP Adhimas Sriyono mengatakan pihaknya telah mendapatkan laporan dari sejumlah masyarakat adanya kegiatan penyegelan sepihak di Yayasan Eka Wijaya, Kelurahan Ciriung, Kabupaten Bogor.

“Setelah kita mendapatkan laporan, kita melakukan pengecekan ke lokasi dan memberi arahan kepada orang tua siswa untuk tidak melakukan kerusakan di kawasan sekolah,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengaku belum mendapatkan laporan adanya indikasi unsur tindak pidana soal penyegelan dilingkungan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar di Yayasan Eka Wijaya diberhentikan sementara.

“Kita belum menemukan laporan apakah terjadi kasus unsur pidana dan kita akan mendalami kasus ini jika terjadi kasus pidana dan perdata dilingkungan sekolah,” tandasnya. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.