Lahan Dikuasai BUMN, Ratusan Makam di Leuwisadeng Dipindahkan

Proses pemindahan jasad di makam-makam yang ada di Leuwisadeng. (Ist)

LEUWISADENG – Ratusan makam yang ada di wilayah Desa Kalong Satu, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, di bongkar dan jasad-jasadnya dipindahkan karena lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) itu dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pembongkaran ratusan makam tersebut dikarenakan lahan TPU telah diakusisi oleh perusahaan BUMN. Saat proses pemindahan jasad, turut dihadiri oleh para tokoh masyarakat serat pihak ahli waris keluarga serta aparatur desa setempat.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Kalong Satu Pelda Zarnidi menjelaskan, pemindaan tersebut sudah disepakati oleh ahli waris serta pihak perusahaan BUMN. Pemindahan jenazah dilakukan ke dua lokasi.

“Saat ini telah dilakukan pemindahan makam-makam, karena tanah tersebut sudah menjadi milik perusahaan BUMN. Pemindahan relokasi makam ini sudah sesuai dengan kesepakatan pihak perusahaan dan pihak keluarga ahli waris,” katanya.

Saat ini ada sekitar 30 jasad yang akan dipindahkan ke TPU Desa Kalong Satu dengan total 200 jasad. “Pemindahan keseluruhan nya kurang lebih 200 makam, dengan makam terpisah-pisah. Sebab pemakaman keluarga di masing-masing tempat,” jelasnya.

Dalam proses pembongkaran makam pihak keluarga mengaku ikhlas dan menyetujui relokasi. “Alhamdulillah dalam proses relokasi nya sudah sesuai dengan segala sesuatu yang sudah di sepakati. Sehingga tidak ada permasalahan yang tidak di inginkan. Untuk pelaksanaan Alhamdulillah lancar aman dan tertib, tidak ada hal-hal yang di inginkan,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.