Kunjungi Pusat Penyemaian Kopi di Cianjur, Ono Surono Harapkan Lahir Varietas Baru

CIANJUR – Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono meninjau tempat pusat penyemaian benih kopi, “Nurseri Konvensional Kopi Cianjur” terbesar di Jawa Barat (Jabar), di Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Kecamatan Campaka, Jumat (12/11/2021). Kedatangan Ketua DPD PDIP Jabar yang juga anggota komisi IV DPR RI Ono Surono, tersebut, didampingi wakil ketua bidang kaderisasi DPD PDIP Jabar, Tom Maskun, ketua DPC PDIP Kabupaten Cianjur, Susilawati.

Dalam kunjungannya tersebut, disambut Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Jabar, Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura (DPPPH) Kab Cianjur, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cianjur serta Camat Campaka dan para kades se Kecamatan Campaka. Pasalnya, bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan perkanan dan pangan, merupakan bagian dari komisi IV DPR RI.

Kedatangan Ketua DPD Jabar Ono Surono yang juga Anggota Komisi IV DPR RI tersebut ke tempat pusat penyemaian benih kopi Nurseri terbesar di Jawa Barat (Jabar), untuk melihat secara langsung beberapa unit pelaksana teknis (UPT) di bawah koordinasi Ditjen Bun yang sudah melaksanakannya diantara Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) di Surabaya, Jawa Timur, Medan (Sumatera Utara) dan Ambon (Maluku).

Menurutnya, penyemaian kopi nurseri tersebut adalah program kementrian, yang akan di dorong. Karena potensi kopi nurseri tersebut adalah salah satu sentra kopi terbesar di jabar. “Penyemaian Kopi di Cianjur ini yang ada di Kecamatan Campaka berada di ketinggian di atas 1000 mbpl, dan Ini sangat cocok untuk kopi jenis arabika,” kata Ono kepada wartawan.

Ono berharap, dengan adanya jenis kopi nurseri tersebut adanya bibit bibit unggul bermacam parietas. “Dan nanti bisa sebagai sumber bibit kopi untuk petani selain di Cianjur juga di Jabar,” terangnya.

Selain itu, lanjut Ono, pihaknya juga memicu semangat masyarakat untuk selalu menanam pohon, karena menurutnya hal tersebut menyangkut dua nyawa manusia karena sumber oksigen. “Sehingga dengan terkait lingkungan hidup, kita bisa memberikan dampak terhadap penghasilan masyarakat. Dan bisa membantu Kabupaten Cianjur khususnya pertumbuhan ekonomi dengan kopi yang saat ini kita fokuskan,” pungkasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, pusat penyemaian benih kopi “Nurseri Konvensional Kopi Cianjur” terbesar di Jawa Barat (Jabar) ini, dibawah binaan layanan sertifikat benih perkebunan yang dikenal dengan sebutan “Pesona Seribu” BBPPTP, Surabaya. Usai berdiskusi anggota komisi IV DPR RI Ono Surono bersama para pejabat setempat, berkesempatan menanam pohon kopi diseputar lokasi kebun Nurseri Konvensional Kopi Cianjur. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.