Kunjungi Disdukcapil, Hery Antasari Puji Pelayanan Terbaik di Disdukcapil Kota Bogor

Foto bersama PJ Walikota Bogor Hery Antasari bersama Kadisdukcapil Ganjar Gunawan dan jajarannya. (Ist)

BOGOR – Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari melakukan kunjungan ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, Jalan Pandu Raya, Kecamatan Bogor Utara, untuk melihat situasi dan alur pelayanan publik.

Kedatangan mantan Kepala Badan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Jabar itu disambut Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan beserta jajaran pada Rabu, 8 Mei 2024.

“Kunjungan ini bagian orientasi dan adaptasi saya sebagai Pj Wali Kota untuk memahami tugas, saya harus mengenali lini pelayanan publik, tentu yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah Disdukcapil yang bukan sekedar silaturahmi tapi akan ada koordinasi di pertemuan berikutnya, juga untuk melindungi ruang-ruang penyempurnaan,” ucapnya.

Hery pun memuji dan mengapresiasi semangat teman-teman Disdukcapil yang terus terjaga semangat kerjanya dalam melayani masyarakat sipil.

“Saya juga sudah mendengar dedikasi dan semangat teman-teman Disdukcapil ditengah berbagai dinamika-dinamika tahun lalu, Alhamdulillah masih terjaga semangatnya,” jelasnya.

Kendati demikian, Hery mengaku ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan dalam pelayanan publik tersebut.

“Mungkin yang pertama ingin menyampaikan motivasi saja ya, untuk dijaga terus semangatnya, karena Disdukcapil ini saya lihat terdapat 50 ASN yang memiliki periode puncak-puncak beban tugas, terutama adanya PPDB yang memungkinkan ada tugas-tugas tertentu, juga adanya pemilihan kepada daerah yang tentunya Disdukcapil akan terlibat jauh didalamnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Hery menambahkan bahwa ada catatan perihal hal yang harus diperhatikan mendekati PPDB dan Pilkada 2024.

“Sarana prasarana masih perlu diperbaiki dan mulai koordinasi dengan pihak yang terkait untuk tugas-tugas tematik tertentu perihal pengadaan PPDB dan Pilkada seperti KPU, Disdik dan sebagainya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan menuturkan bahwa kunjungan Pj Wali Kota Bogor ini yang pertama. Pada kesempatan itu, lanjutnya, dilaporkan ke Pj Wali Kota beberapa poin terkait dengan pelayanan.

Salah satunya, masih kata Ganjar, situasi sekarang ini antrean pelayanan di Disdukcapil Kota Bogor sudah mulai berkurang sebab masyarakat yang datang mengurus berkas kependudukan sudah melalui sistem digital atau online.

“Jadi per tanggal 2 Mei 2024 Disdukcapil telah mengubah sistem antrean dari manual menjadi online. Kami dipastikan yang datang kesini sudah booking antrean secara online. Nah, yang belum booking tentunya kita fasilitasi dihari berikutnya,” ujarnya.

Selain itu, Ganjar menyebut bahwa Disdukcapil sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memang mendapat target langsung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ditjen Dukcapil yakni salah satunya pencapaian KTP digital harus mencapai 30 persen.

“Tahun sebelumnya target ke kami itu 20 persen, sekarang meningkat sehingga kami terus berupaya melakukan berbagai inovasi pelayanan untuk mencapai target tersebut,” katanya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.