Kumpulkan Koin Recehan Demi Terangi Jalan dan Pukul Mundur Begal

Jalur jalan penghubung menuju Kecamatan Rumpin, tepatnya di sekitar jembatan Gerendong sangat minim lampu PJU sehingga rawan aksi kejahatan. Fahri | Pakar

RUMPIN – Salah satu akses jalan utama menuju Kecamatan Rumpin, tepatnya di sekitar ruas jalan Desa Putatnutug Kecamatan Ciseeng – Jembatan Gerendong hingga jalan Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin, hingga saat ini masih gelap.

Hal ini disebabkan minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU). Mirisnya, akibat kondisi gelap, di ruas jalan ini seringkali terjadi kasus kejahatan perampasan kendaraan sepeda motor. Terlebih lokasi jalan ini cukup jauh dari pemukiman warga.

“Dari catatan yang saya miliki, sedikitnya sudah ada tiga kejadian perampasan sepeda motor warga oleh pelaku kriminal yang dilakukan di lokasi tersebut,” papar Mulya Diva, Ketua Silaturahmi Warga Rumpin (SWR), Rabu (5/5/2021).

Menurutnya, tindakan kriminal yang terjadi pada pengendara motor juga seringkali dilakukan para begal motor tersebut dengan kekerasan menggunakan senjata tajam (sajam).

“Pernah ada warga Rumpin, motornya dibegal dan korban dibacok punggungnya. Terakhir, baru saja warga Ciseeng dibegal motornya oleh dua orang pelaku yang juga membawa sajam,” jelas Ozos, sapaan akrabnya.

Ia berharap, agar segera ada perhatian dari pihak berwenang terkait penataan sarana dan prasarana penerangan jalan penghubung menuju Rumpin yang rawan kejahatan tersebut.

“Sebaiknya segera disediakan lampu PJU, bahkan jika memang dimungkinkan ada pos penjagaan,” paparnya.

Ibnu Sakti Mubarok, Ketua Himpunan Mahasiswa Rumpin, mengaku sedang mempersiapkan aksi kesadaran warga agar jalan ini bisa terang dan aman.

“Jika pemerintah sebagai pelaksana negara tidak bisa menyediakan sarana kepentingan publik berupa lampu PJU, biar warga lakukan aksi kumpulkan koin recehan saja,” ujar Sakti, sapaan akrabnya dengan nada kalimat satire.

Informasi tentang rawannya jalan Gerendong, juga diamini oleh Sekcam Ciseeng, Agus Sopian. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak UPT P4 Dishub wilayah Leuwiliang untuk usulan perbaikan dan penyediaan lampu PJU di sekitar jalan Gerendong.

Dikonfirmasi hal ini, Ika Sobariyah, Kepala UPT P4 Dishub wilayah Leuwiliang mengatakan bahwa pihak nya akan segera melakukan upaya perbaikan sarapa prasaran lampu PJU di lokasi tersebut.

“Iyah akan segera ada perbaikan (lampu PJU). Insya Allah setelah lebaran ada perbaikan,” Jawabnya singkat. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.