Kukang Jawa Liar Dikembalikan ke Habitanya di TNGGP

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

CIANJUR– Seekor Kukang Jawa dengan nama latin “Nycticebus Javanicus” ini dilepaskan ke habitatnya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cipanas-Cianjur. Pasalnya hewan Nycticebus Javanicus sempat ditangkap warga karena berkeliaran ke luar kawasan taman nasional dan dikembalikan ke habitatnya dikawasan TNGGP Cipanas.


Kepala Bidang 1 Wilayah Balai Besar TNGGP, Diah Qurani mengaku jka Kukang Jawa tersebut, merupakan satu di antara satwa yang hidup di kawasan TNGGP. Sebab hewan kukang jawa ini, termasuk kedalam kategori yang dilindungi sesuai dengan Undang-undang nomor 5/1990 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.


“Memang betul, kita telah melepaskan seekor Kukang Jawa. Hewan tersebut sebelumnya sempat berkeliaran ke luar kawasan TNGGP dan berhasil ditangkap warga. Kemudian diserahkan kepada kita,” kata Diah, kepada wartawan Minggu (9/1/2022).


Menurutnya, pelepasan satwa Kakung Jawa yang sangat dilindungi dan dikembalikan ke habitatnya yang merupakan upaya pelestarian untuk meningkatkan populasi satwa liar di alam. “Kamipun sangat mengapresiasi masyarakat yang menemukan Kukang Jawa itu, dan langsung melaporkan kepada petugas. Artinya, masyarakat sadar bahwa Kukang merupakan binatang yang dilindungi,” terangnya.


Diah mengatakan saat ini, pihaknya tengah gencar memberikan pemahaman dan sosialisasi bagi masyarakat agar ikut terlibat dalam menjaga ekosistem. “Kita imbau masyarakat apabila menemukan satwa dilindungi berada di sekitar kawasan atau yang dipelihara di rumah agar segera melaporkan dan menyerahkan ke BBTGGP atau BBKSDA setempat,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.