KPU Akan Melakukan PSU di Desa Cimenteng Kecamatan Cikalongkulon Cianjur

CIANJUR—Terkait soal adanya permohonan calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) setelah disampaikan Mahkamah dalam sidang pengucapan putusan terhadap Perkara Nomor 55-02-02-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024.Informasi yang berhasil dihimpun, dalam sidang Mahkamah Kontitusi (MK) pengucapan putusan terhadap Perkara Nomor 55-02-02-12/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 tersebut, atas permohonan caleg Gerindra Hendry Juanda dalam pemilu DPRD Kabupaten Cianjur Daerah Pemilihan (Dapil) 3. Pemungutan suara ulang (PSU) tersebut, akan dilakukan di TPS 15 serta penghitungan ulang surat suara pada TPS 12, TPS 13, TPS 14, dan TPS 16 Desa Mentengsari, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur M Ridwan mengatakan, MK telah membatalkan keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 yang berkaitan dengan perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Cianjur di Dapil 3, yaitu Kecamatan Cikalongkulon. “Memang PSU tersebut, dilakukan setelah adanya putusan dari MK hari ini kita langsung bergerak, kita di beri waktu paling lama 30 hari untuk melaksanakan pemungutan suara ulang maupun penghitungan ulang surat suara,” kata Ridwan kepada wartawan Senin (10/6/2024).

Saat ini, kata Ridwan pihaknya akan melakukan rapat musyawarah dan berdiskusi dengan para pimpinan, termasuk nanti dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). “Selain itu kita juga akan berkordinasi dengan aparat Kepolisian Cianjur untuk melakukan pengamanan proses pemungutan suara ulang dan penghitungan ulang surat suara,” terangnya.

Menurutnya, anggaran untuk PSU sendiri ada dan sudah di siapkan sejak pelaksanaan pemilu bulan April lalu oleh KPU Kabupaten Cianjur. “Anggaran PSU ini di ambil dari anggaran pemilu kemarin jadi sudah ada anggarannya untuk PSU di setiap KPU Kabupaten kota lain juga ada,” tegasnya.

Ridwan menjelaskan jika PSU dan penghitungan ulang surat suara yang harus di ulang tersebut. Pasanya adanya kecurangan dalam pemilu dengan melakukan pencoblosan surat suara di luar waktu yang ditentukan dan dilakukan kepala desa (Kades) Mentengsari Somantri, Kecamatan Cikalongkulon, beserta dengan oknum KPPS. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.