KPAD Minta Pengawasan Hotel Diperketat

Sekretaris KPAD Kabupaten Bogor, Erwin Suriana. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bogor meminta pengelola hotel lebih memperketat pengawasan setiap tamu yang akan masuk atau menginap.

Hal itu menyusul dari kejadian kasus pembunuhan dua perempuan yang dilakukan satu pelaku bernama Rian (21) yang berawal dari open Booking Online atau open BO.

Sekretaris KPAD Kabupaten Bogor, Erwin Suriana meyakini regulasi soal pengunjung masuk hotel yang ketat akan mampu meminimalisir kasus-kasus open BO.

Dia menilai bahwa saat ini kebanyakan hotel hanya berorientasi kepada bisnis semata. Mereka tidak memandang penting dampak negatif yang akan dirasakan oleh penerus bangsa jika hotel dibebaskan dari regulasi kelayakan pengunjung.

“Pengawasan harus berjalan ketat, jangan longgar. Misalnya ada dua orang yang masuk, itu harus ditanyakan kejelasan identitasnya. Kartu atau buku nikah misalnya,” kata Erwin, Minggu (14/3/2021).

Selain itu, masa pandemi yang belum juga surut di Kabupaten Bogor membuat para pebisnis hotel kebingungan untuk mencari keuntungan karena sepinya pengunjung.

“Ditambah masa pandemi, bisnis hotel semakin menurun lantaran sepi pengunjung. Ketika menurun ini dimanfaatkan orang-orang tertentu. Nah, hal demikian sebenarnya rentan terjadi penyalahgunaan,” jelas Erwin.

Dia pun mengaku akan mendorong para pengelola atau pebisnis hotel untuk lebih ketat dan koorperatif dengan pemerintah
untuk sama-sama mengawasi penyalahgunaan hotel tersebut dari prostitusi online.

“Kita nanti akan dorong dengan bersama perangkat daerah lain juga akan komunikasi dengan PHRI untuk memperketat regulasi di Hotel,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Rian (21) telah terbukti melakukan pembunuhan terhadap dua perempuan yakni DP (21) dan EL (21) tersebut diduga berawal dari perkenalannya bersama para korban melalui open booking online atau open BO.

Hal tersebut terungkap sebagaimana yang diakui pelaku saat memberikan keterangannya di Mako Polresta Bogor Kota. Open BO sendiri merupakan diksi yang digunakan para pelaku prostitusi online seiring dengan kemajuan teknologi saat ini. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.