Kota Sukabumi Jadi Tuan Rumah dan Pembukaan Forprov 2022 KORMI

Kontingen dari KORMI Kota Bogor tampil pada saat pembukaan Forprov 2022 di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi. Syarif | Pakar

SUKABUMI – Kota Sukabumi dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan Festival Olahraga Rekreasi 2022 Provinsi Jawa Barat yang resmi dibuka di Lapang Merdeka pada Sabtu 14 Mei 2022. Kota Sukabumi dipilih sebagai tuan rumah kategori olahraga kesehatan dan kebugaran atau OKK dimulai tanggal 14 hingga 15 Mei 2022 besok.


Sebanyak 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat mengirimkan perwakilannya untuk bertanding di rumpun OKK pada pagelaran Forprov tahun 2022 di Kota Sukabumi. Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan untuk perhelatan Forprov tahun 2022 ini diharapkan bisa membangkitkan ekonomi di Kota Sukabumi.

“Kami bangga menjadi tuan rumah dan terima kasih kepada Provinsi Jabar dan KORMI yang telah memberikan kesempatan Kota Sukabumi menjadi tuan rumah untuk OKK. Mudah-mudahan ini juga sekaligus membangkitkan ekonomi,” ucapnya disela pembukaan di lapang Merdeka.


Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Asep Sukmana menerangkan Forprov tahun 2022 akan dilaksanakan selama empat putaran. “Pertama hari ini kebugaran dan kesehatan di Kota Sukabumi. Kemudian yang ekstrem di Ciamis, tradisional di Sumedang, dan acara puncak di Kabupaten Bandung,” ungkapnya kepada wartawan.


Dalam Forprov tahun ini, ada 41 cabang olahraga yang dipertandingkan hingga Juni 2022 mendatang. “Forprov akan menjadi ajang seleksi menuju Festival Olahraga Rekreasi Nasional atau Fornas yang menurut rencana akan dilaksanakan di Palembang,” ujarnya.


Ditempat yang sama, Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Jawa Barat atau KORMI Jabar, Denda Alamsyah mengungkapkan pembukaan di Kota Sukabumi memiliki nuansa yang berbeda dari sebelumnya. Ia menilai ada kebangkitan dari sisi antusiasme, partisipasi stakeholder, hingga pemerintah daerah. “Sekarang kita memang bangkit dari pandemi. Dibangkitkan dari olahraga mudah-mudahan sehat,” ucapnya.


Hal beda lain menurut Denda adalah pembukaan pada Sabtu ini menonjolkan berbagai seni budaya khas Kota Sukabumi, salah satunya boles alias bola tangan api. Ia berharap ini menjadi momen kebangkitan olahraga sekaligus memunculkan kembali olahraga di ruang publik setelah terkunci pandemi Covid-19. “Tadi ada boles, barongsai, bumerang, dan lainnya. Ini juga menjadi agenda rutin dan sosialisasi untuk pembudayaan olahraga di masyarakat,” katanya.


Untuk diketahui, cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Kota Sukabumi adalah Senam Tera Indonesia, Kempo, Sepeda BMX, dan Pencak Silat. Adapun venue pertandingan untuk keempat cabor ini adalah kawasan Lapang Merdeka, Gedung Pusat Kajian Islam, Gedung Juang, dan arena futsal Liverpool. Sementara, KORMI Kota Bogor turut ambil bagian menjadi peserta dengan membawa kontingen atlet yang dipimpin Zaenul Mutaqin selaku Ketua KORMI Kota Bogor. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.