Kota Bogor Kejar Target Predikat Utama dan Kota Layak Anak

BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus melakukan kegiatan dan program melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor untuk meraih predikat Kota Layak Anak (KLA). Seperti diketahui, pada tahun 2023 lalu, Pemkor Bogor telah meraih piagam penghargaan predikat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Malam Penganugerahan LA 2023 di Hotel Padma Semarang, Kota Semarang.

Belum puas meraih predikat Nindya, pada tahun 2024 ini, DP3A terus menggencarkan program kegiatan untuk mengejar target predikat utama yang nantinya tinggal satu langkah lagi meraih predikat Kota Layak Anak (KLA). Inovasi dalam mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak terus dilakukan di Kota Bogor, sesuai dengan Perpres Nomor 25 tahun 2021 tentang kebijakan kabupaten/kota KLA. Untuk itu, seluruh elemen dan berbagai pihak stakeholder lainnya di Kota Bogor dilibatkan penuh.

Kepala DP3A Kota Bogor, Dody Achdiyat mengatakan, untuk mewujudkan target peraihan predikat Nindya, semua pihak dilibatkan dan di integrasikan. Baik legislatif, media, keluarga dan stakeholder yang sudah terbagi dalam cluster-cluster dukungan untuk KLA. Semua ruang publik, fasilitas pendidikan dan kesehatan terus ditingkatkan untuk memenuhi perlindungan hak anak di Kota Bogor.

Berbagai upaya yang dilakukan, lanjut Dody, melakukan pertemuan dengan Gugus tugas KLA tingkat OPD, pertemuan dengan Gugus tugas KLA tingkat Kecamatan dan Kelurahan. Dalam Musrenbang mengikut sertakan forum anak, baik dari Kelurahan, Kecamatan dan Kota.

Dody menjelaskan, kegiatan intensif digencarkan melakui sosialisasi kepada satuan pendidikan ramah anak yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan. Pelatihan konvensi hak anak kepada anggota Forum Anak Kota Bogor, guru-guru dan Masyarakat (PATBM). Sosialisasi tentang Ruang Bermain Ramah Anak dengan Disperumkim, Dinas Pekerjaan Umum, dan DLH. Sosialisasi rute aman selamat sekolah dengan Dishub, Disdik. Sosialisasi pola asuh dengan parenting, isu anak, hak-hak anak  kerjasama dengan Disdik ke sekolah-sekolah dan TP PKK.

“Kami juga melakukan pelatihan dukungan psikologi awal dengan Forum anak, PATBM, Motekar, TP PKK. Kemudian, lomba pojok ekspresi, Taman Bermain Ramah Anak yang bermitra dengan PKK. Melakukan standarisasi Nasional Satuan Pendidikan Ramah Anak, Puskesmas Ramah Anak, Ruang Bermain Ramah Anak, Teman Asuh Ramah Anak, serta melakukan Standarisasi internal Kota Bogor tentang Rumah Ibadah Ramah Anak, Hotel, Mall,  Restoran dan Cafe Ramah Anak, dan Bis Ramah Anak,” jelasnya. 

Berbagai dukungan juga terus mengalir untuk mewujudkan KLA. Ada berupa bantuan materil dan spiritual pada pelaksanaan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Bogor dan Hari Anak Sedunia. Seluruh stakeholder sudah melibatkan partisipasi anak dalam merencanakan program yang berhubungan dengan anak. DP3A juga akan segera melaksanakan Raker gugus tugas KLA tingkat Kelurahan dan Kecamatan serta Bimtek evaluasi rencana aksi daerah KLA pada bulan Mei mendatang.

Sementara, tambah Dody, untuk mendapatkan predikat utama perlu komitmen dari semua OPD di lingkungan Pemkot Bogor dan juga instansi vertikal di Kota Bogor. Sebab, pada penilaian KLA 2023 lalu, Kota Bogor berhasil mendapatkan poin 700 lebih dan hanya kurang sedikit menuju predikat utama yang poinnya di kisaran 800 poin. 

“Kota Bogor sudah jauh lebih bagus dibanding kota lain, tapi kalau mau menginjak ke utama harus memperlihatkan hasil kerja kita. Sekarang sudah mulai proses pengumpulan evidence di semua instansi, setelah itu evaluasi mandiri dan verifikasi lapangan di Juni mendatang untuk KLA 2024. Kami menargetkan predikat utama dan KLA akan segera diraih oleh Kota Bogor,” tegasnya. 

Sementara, dukungan meraih predikat utama dan KLA yang sedang diperjuangkan oleh Pemkot Bogor, mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Anggota DPRD Kota Bogor, Karnain Asyhar menuturkan, DPRD Kota Bogor mendukung penuh dan akan mendorong berbagai kegiatan maupun program dari Pemkot Bogor untuk meraih predikat utama dan KLA. “Prestasi predikat Nindya yang sudah diraih oleh Pemkot Bogor harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Semoga pada penilaian tahun depan nanti, Kota Bogor bisa meraih utama, lalu meraih juga KLA,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.