Korban Pinjol Ilegal Bisa Minta Bantuan LBH PPP Melalui Email Berikut ini

JAKARTA – DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melaunching Posko Pengaduan korban Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal, di kantor sekretariat DPP PPP.

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi DPP PPP Andi Surya Wijaya Ghalib mengatakan posko pengaduan yang ada di Lantai 2 Sekretariat DPP PPP, Jalan Diponegoro No. 60 ini disiapkan untuk menerima aduan dari warga berkenaan dengan permasalahan Pinjaman Online.

“Warga bisa mengadukan melalui email lbhdppp3@gmail.com untuk selanjutnya diverifikasi oleh Tim Hukum apakah korban masuk dalam delik Pidana ataupun perdata,” jelasnya.

Dikatakannya, korban yang mengadukan harus melengkapi bukti-bukti dan identitas diri termasuk persyaratan administratif lainnya. “Sebagai bentuk akuntabilitas diri sebagai pelapor,” ujarnya.

Sementara itu, penanggung jawab Posko Pinjol Jou Hasyim Waimahing yang juga Advokat di Lembaga Advokasi dan Hukum (LAH) DPP PPP mengungkapkan dirinya sebagai penanggung jawab Posko Pengaduan yang ditunjuk berdasarkan rapat dan diberi amanah untuk mengawal proses korban Pinjol ini dengan memetakan unsur para korban Pinjol.

“Korban yang mangalami intimidasi dan teror terhadap keluarganya oleh Pinjol ilegal akan diadvokasi dengan prosedur Pidana, sedangkan bagi korban Pinjol dari Fintech yang legal akan di upayakan prosesnya ke OJK,” jelasnya.

Sehingga korban bukan bebas dari hutang tetapi akan mendapatkan kepastian langkah hukum yang akan dilakukan. Karena orang yang punya hutang bukan berarti bebas tidak bayar dia tetap memiliki kewajiban membayar dengan prosedur hukum yang berlaku dan tetap harus dilindungi privasi dna keluarganya.

“Karena yang terjadi kasus korban Pinjol ini ternyata ada unsur teror, intimidasi dan menyebarkan data keluarga yg di konsumsi oleh publik dimana ini sudah masuk pidana dalam UU ITE,” tandasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.