Koperasi Menjadi Garda Terdepan, Ini Kata Kepala Diskop UKM

Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bogor, Asep Mulyana. IST

CIBINONG – Koperasi menjadi garda terdepan dalam pemulihan ekonomi, karena koperasi mampu secara langsung menjangkau UMKM.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bogor Asep Mulyana kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

“Disinilah peran koperasi sebagai lembaga sosial-ekonomi sangat dibutuhkan untuk kembali menggairahkan perekonomian rakyat. Di tengah pandemi seharusnya koperasi menjadi garda terdepan pemulihan ekonomi, karena koperasi mampu secara langsung menjangkau UMKM,” kata Asep.

Ia menjelaskan, terdapat 25.517 pelaku UMKM yang terdata di Kabupaten Bogor, sementara akses pembiayaan di beberapa lembaga keuangan sedang diperketat. Sektor perbankan saat ini sangat hati-hati dalam menyalurkan bantuan kredit, terutama untuk pelaku UMKM karena kekhawatiran resiko kredit macet.

Asep menambahkan, usaha mikro dan koperasi harus bisa kita sinergikan, karena jika usaha mikro bergabung dengan koperasi mereka akan memiliki daya tawar dan lebih mudah dalam mengakses modal dan kemitraan, Kemudian koperasi juga harus melek digital mengikuti perkembangan teknologi informasi.

“Mengingat di masa pandemi, interaksi fisik sangat dibatasi mengakibatkan para pelaku usaha yang inovatif dan memanfaatkan teknologi digital menjadi jauh lebih berkembang dan berpotensi mengakses pasar yang lebih baik dibandingkan dengan usaha yang masih konvensional,” jelasnya. =ALI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.