Kongres JKPI Diharapkan Bangkitkan Gairah UMKM di Kota Bogor

Wali Kota Bogor Bima Arya saat menghadiri kegiatan UMKM beberapa waktu lalu. IST

BOGOR – Jaringan Kota Pusaka Indonesia atau JKPI merupakan jaringan kota dan kabupaten di Indonesia yang memiliki komitmen untuk melakukan upaya strategis menjaga pelestarian pusaka alam dan pusaka budaya.

JKPI dideklarasi oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo saat masih menjadi walikota Surakarta yang tertuang dalam Deklarasi Surakarta pada tahun 2008.

Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia 2021 kali ini digelar pada tanggal 2 hingga 5 Desember 2021 di Bogor.

Sebanyak 72 delegasi kota dan kabupaten anggota JKPI akan hadir untuk memeriahkan seluruh agenda kongres yang akan diadakan di Kota Bogor.

Berbagai agenda akan dilaksanakan salah satunya adalah pameran UMKM, Seni dan Budaya dari kurang lebih 32 kota dan kabupaten di Bogor Creative Centre.

Selain itu, karnaval budaya juga akan digelar di GOR Pajajaran yang dimeriahkan oleh lebih dari 30 Kota dan Kabupaten perwakilan JKPI.

JKPI akan digelar di Bogor selama 4 hari sebagai hiburan dengan tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Waki Kota Bogor Bima Arya pun menginginkan agar produk UMKM mendominasi di dalam rangkaian kegiatan Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Bogor, mulai saat kegiatan-kegiatan berlangsung, di rumah makan yang berdekatan dengan lokasi, destinasi wisata hingga sampai kantor dinas-dinas.

Kolaborasi produk UMKM pun akan dikembangkan di tempat dan kegiatan lain yang ada pada 68 kelurahan di enam kecamatan.

Bima berharap, semua yang terlibat mulai dari dinas terkait, para pelaku UMKM hingga pihak lain agar tidak berhenti pada rutinitas yang sudah ada, namun terus berpikir untuk bisa membantu menampilkan produk UMKM menjadi terdepan.

“Terus berkolaborasi sehingga semuanya hanya tinggal mengatur. Kolaborasi yang sudah ada terus dievaluasi jadi tidak berhenti sampai di situ,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor, Samson Purba berharap kegiatan ini menjadi titik bangkit UMKM di Kota Bogor setelah sempat terpuruk di masa pandemi COVID-19.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.