Kongres JKPI di Kota Bogor Akan Dihadiri 40 Kepala Daerah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Walikota Bogor Bima Arya. (Putri-Magang)

BOGOR – Pemerintah Kota Bogor terpilih menjadi tuan rumah Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) ke-V. Kongres yang akan dilaksanakan pada 2 Desember hingga 5 Desember mendatang akan dihadiri oleh 40 Kepala Daerah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat ditemui di lokasi pembangunan Alun-alun Kota Bogor, Selasa (30/11/2021).

“Sampai siang ini, sudah ada sekitar 40 kepala daerah yang sudah menyatakan konfirmasinya untuk hadir. Mulai berdatangan mulai besok, hari Rabu dan hari Kamis. Kemudian Kamis malam kita akan menyambut mereka dalam acara resepsi,” ucap Bima.

Bima mengatakan Pemkot Bogor akan memberikan pelayanan terbaik untuk menyambut para kepala daerah di Bogor Creative Center. Kongres JKPI ini akan dilaksanakan pada pagi hari di Puri Begawan.

“Pak Gubernur menyatakan akan hadir, Menteri Bappenas akan hadir, kita masih menunggu konfirmasi dari Menteri Pendidikan, Mas Nadiem. Tamu-tamu ini akan diajak mengunjungi titik-titik pusaka di Kota Bogor utamanya Batu Tulis,” ujarnya.

Menurut Bima, yang akan menjadi fokus pembahasan kongres JKPI ke-V ini adalah bagaimana penataan kota di Indonesia dengan tetap mengutamakan nilai-nilai pusakanya.

“Kita akan melakukan pembahasan bagaimana kedepan penataan kota-kota di Indonesia ini tetap mengutamakan nilai-nilai pusakanya. Jadi tidak tergerus, komitmennya terhadap cagar budaya bagaimana, komitmennya tentang kelestarian pustaka seperti apa,” jelas Bima.

“Dan ini (JKPI) istimewa karena didirikan oleh Pak Jokowi ketika menjadi Wali Kota Solo mendirikan jaringan kota pusaka ini. Kita berharap Pak Jokowi ada waktu luang untuk sekadar mampir di acara ini nanti,” sambung Bima.

Politisi PAN inipun menuturkan dalam rangkaian Kongres JKPI nanti akan ada karnaval budaya. Namun karena kondisi masih PPKM, maka karnaval yang akan menyuguhkan kebudayaan nusantara ini akan dilakukan secara tertutup di GOR Basket Pajajaran. Putri-Magang/RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.