Komitmen Bebas ODF, Desa Cijeruk Siapkan Anggaran

CIJERUK – Seiring dengan perintah Camat Cijeruk Sobar Mansoer yang meminta kepada seluruh kepala desa di wilayahnya, untuk menganggarkan untuk program Bebas Air Besar Sembarangan (BABS), direspon dan disambut antusias para kepala desa.

Kepala Desa Cijeruk Asep Saepul Rohman menyisipkan anggaran untuk program Open Defecation Free (ODF), dalam penanganan BABS. Asep mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan disetiap RT terkait dengan warga yang tidak memiliki WC diwilayahnya, sehingga dari data tersebut akan dicarikan solusi untuk penanganannya.

“Untuk awal kami akan melakukan pendataan disetiap RT, setelah didata kita akan tau berapa jumlah warga tidak memiliki WC,” katanya kepada Pakar.


Dia menjelaskan, pengentasan BABS tersebut membutuhkan waktu tidak bisa instan, sehingga perlu mencari solusi dan sosialisasi dan pendekatan kepada Warga. “Kalau yang tidak punya MCK sepertinya tidak terlalu banyak. mungkin mereka yang punya namun pembuangan kotorannya masih ke kali atau ke kolam. Sehingga perlu memberikan pemahaman karena akan menimbulkan penyakit,” ungkapnya.


Solusi yang akan diberikan, lanjut dia, ada beberapa pilihan, karena Desa Cijeruk terdapat bantuan Ipal Komunal yang menampung Hingga 150 KK untuk pembuangan Kotoran. Sehingga kedepan kata dia, solusinya penambahan ipal atau dibuatkan Septic Tank mandiri. “Desa kami kan tahun ini dapat bantuan Ipal komunal yang membuat Septic Tank untuk kapasitas 150 KK. Naaah, kedepan apa mungkin harus ditambah atau ada solusi lain,” ujarnya.


Asep mengaku, pihaknya akan membahas bersama BPD dan LPM terkait dengan rencana Tersebut sehingga anggarannya bisa kami Sisipkan pada tahun anggaran 2024. “Yang jelas kami akan Sisipkan, anggarannya Untuk ODF tahun 2024,  baik ada Dana Desa ataupun mencari dari anggaran lain,” ucapnya.


Sebelumnya Camat Cijeruk Sobar Mansoer meminta semua kepala desa menekan angka BABS dan menyukseskan program ODF dengan menyisihkan anggaran pada tahun 2024. “Saya harap semua kepala desa, bisa menyisihkan anggaran untuk ODF ditahun 2024, tujuannya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Cijeruk dan Cijeruk bebas dari BABS,” pintanya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.