Komisi IV DPR Soroti Serapan Anggaran 2024 Kementerian KLH dan Lahan Bekas Tambang

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan. IST

JAKARTA – Komisi IV DPR RI memberikan sejumlah catatan terhadap  anggaran Kementrian Kehutanan dan Lingkungkan Hidup (KLH) tahun 2024.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan. “Tadi kita membahas mengenai serapan anggaran dengan Kementerian LHK tahun 2024 dan rencana anggaran LHK tahun 2025. Kita berikan catatan tentang anggaran 2024, supaya ada peningkatan,” jelas Budhy kepada pakuanraya.com seusai memimpin rapat kerja dengan Menteri KLH, Siti Nurbaya, beserta jajaran di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Menurut politisi Partai Golkar ini,  penyerapan anggaran masih di angka 29%. “Selayaknya di bulan Juni ini sudah mencapai 35 %. Memang ada beberapa kendala karena beberapa kegiatan yang diperlukan proses lelang karena adanya blokir anggaran. Jadi sedang dikaji untuk dapat membuka blokir anggaran tersebut,”  kata anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ini.

Di bagian lain Budhy juga menjelaskan, dalam rapat juga disoroti masalah terkait dengan penanganan kerusakan hutan dan lingkungan akibat pertambangan.

“Untuk itu kami di komisi IV sepakat dengan KLHK untuk mendesak pemerintah mempercepat rancangan peraturan Presiden soal pemulihan lahan akibat kegiatan tersebut,” papar Budhy.

Ada beberapa daerah bekas tambang yang belum terpulihkan dan kondisi lingkungan hidupnya itu rawan terjadi bencana.

“Sehingga kami mendesak supaya rancangan peraturan Presiden itu bisa dipercepat dan Setahu saya itu sudah diperjuangkan sejak tahun 2016 tapi belum selesai. Untuk itu kami mendesak pemerintah untuk serius supaya segera merampungkan rancangan peraturan Presiden dalam menangani kerusakan lahan akibat pertambangan,” tandas Budhy. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.