Kolaboratif Ber-AKHLAK Jadi Cerminan Setjen DPR Dalam Maknai Nilai Pancasila

Deputi Bidang Persidangan Suprihartini (kiri) saat mengikuti upacara memperingati Hari Lahir Pancasila di lingkungan Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/6/2024). (dpr)

JAKARTA – Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 juni 2024 diperingati oleh seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI dengan melakukan upacara. Peringatan tahun ini mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’.

Deputi Bidang Persidangan Suprihartini menekankan mengenai pentingnya penerapan nilai Ber-AKHLAK Kolaboratif sebagai cerminan daripada nilai Pancasila sila ke-3 yakni Persatuan Indonesia dalam kerja Setjen DPR RI dalam mendukung kinerja DPR RI. 

“Sebagaimana kita ketahui kan ASN kita ASN Ber-AKHLAK, itu merupakan satu kolaborasi bagi kita semua bagaimana penerapan Ber-AKHLAK dan juga penerapan nilai-nilai Pancasila itu kita semua ketahui memang menjadi satu pedoman bagi kita dalam menjalankan kehidupan kita sehari-hari,” ujar Suprihartini  seusai mengikuti upacara di lingkungan Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/6/2024).

Tambahnya, makna persatuan dalam sila ke-3 Pancasila yakni Persatuan Indonesia patut diterapkan dalam kegiatan sehari-hari pegawai Setjen DPR RI. Karena sebagai ASN yang bekerja dalam lingkungan politik, sila ini memaknai bagaimana sebagai bangsa Indonesia yang baik harus bersatu dalam menghadapi segala dinamika perkembangan politik yang ada.

“Jadi kita berharap dengan memaknai kembali akan arti penting persatuan dan kesatuan itu khususnya di Sekretariat Jenderal DPR RI untuk kita terus bersatu dalam memberikan dukungan dan kinerja kita bagi peningkatan performa dari parlemen Indonesia itu sendiri,” jelasnya.

Tak hanya sila ke-3, seluruh pegawai Setjen DPR RI juga harus dapat menerapkan seluruh nilai-nilai lima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga Indonesia Emas 2045 dapat tercapai dan Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi. 

“Nah dengan adanya kita memaknai dan melaksanakan semua amanat itu kita berharap seluruh rakyat Indonesia dapat terus bersatu dan kita dapat membangun Indonesia lebih baik lagi dan juga untuk kita semua di Sekretariat Jenderal DPR RI kita berharap kinerja kita dapat terus ditingkatkan dengan kita memaknai dan mengamalkan seluruh arti-arti dalam Pancasila itu sendiri,” pungkasnya. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.