Klaim Lahan 4 Hektare, MNC Land Tak Mampu Tunjukan Bukti Surat Kepemilikan

Inilah lokasi proyek MNC Land di KEK Lido. Ujang | Pakar

CARINGIN – PT MNC Land yang mengklaim lahan seluas 4 hektar lebih di Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, masuk lahan HGU yang dimilikinya, hingga kini tak kunjung menunjukan bukti kepemilikan HGU. Bahkan pihak desa mempertanyakan terkait klaim tersebut. “Sampai saat ini pihak MNC belum bisa menunjukan, bahkan kami sudah meminta bukti HGU nya, soal tanah kan ga bisa sembarangan harus ada data kepemilikannya baik itu HGU maupun HGB,” kata Burhanudin kepala Desa Cinagara Kepada Pakar.


Dia menjelaskan, lahan seluas 4 hektar lebih tersebut yang diklaim pihak MNC sebelumnya HGU PT BSS. Dan saat ini digarap oleh warga secara turun temurun. “Sebelum MNC kan BSS, sedangkan lahan saat ini digarap petani warga setempat untuk bercocok  tanam,” ungkapnya.


Dia mengaku, beberapa kali meminta kepada pihak MNC untuk menunjukan bukti kepemilikan HGU nya, namun hingga kini jawabannya selalu menunggu dari pusat. “Bukan sekali dua kali kami minta ke MNC, tapi ya begitu, jawaban mereka selalu menunggu dari pusat,” akunya.


Sementara, Anton bagian aset MNC saat dikonfirmasi menegaskan, tanah yang di Desa Cinagara itu milik MNC dengan bukti HGU dan saat ini dikuasai oleh penggarap atas izin MNC. “Itu memang jelas milik MNC dengan bukti HGU, bahkan saat ini digarap warga atas izin MNC,” tegasnya saat dihubungi Pakar.


Mumuh salah satu penggarap mengaku, dirinya menggarap tanah tersebut sudah bertahun tahun secara turun temurun sejak milik PT BSS. “Kalau kami menggarap lahan ini secara turun temurun sejak jaman orang tua kami, dan kami punya bukti dari desa,” akunya.


Mumuh saat ditanya, sejak peralihan dari PT. BSS apakah mendapat uang pengganti mengaku, dirinya belum pernah menerima penggantian apapun bahkan dia sudah puluhan tahun menggarap. “Engga ada ah, sejak peralihan ke MNC, kami belum pernah nerima pengganti apa apa. Dan tidak ada izin tertulis dari MNC karena kami sudah puluhan tahun,” ungkapnya. UJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.