Kick Off Mal Pelayanan Publik, Pemkab Bogor Buka 70 Layanan untuk Masyarakat di Kantor DPMPTSP

Peresmian uji coba Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kantor DPMPTSP Kabupaten Bogor. (Diskominfo for Pakar)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, mulai mengoperasikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Gedung Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSTP).

Bertajuk Kick Off Uji Coba Operasional MPP, pengoperasian ini juga ditandai dengan tandatangan kerja sama antar Organsiasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal yang membuka layanan di MPP tersebut.

“Alhamdulillah kami mulai mengoperasikan Mal Pelayanan Publik ini. Dan kick off ini merupakan tahapan yang harus dilewati sebelum dioperasikan penuh nantinya,” ujar Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu di lokasi, Rabu (22/5/2024).

Ada sekitar 70 layanan yang dibuka pemerintah untuk masyarakat dalam MPP ini. Layanan tersebut berasal dari 28 instansi yang telah sepakat menandatangani kerja sama.

“Jadi tidak hanya OPD, kami juga kerja sama dengan instansi vertikal seperti Polres, Kejaksaan, BPJS, Pertanahan dan masih banyak lainnya. Ada sekarang 70 layanan yang kami lakukan dari sekitar 28 instansi ini,” jelas Asmawa.

Adapun beberapa layanan dari para OPD dan instansi vertikal di MPP ini di antaranya PT Pos Indonesia, BJB, Disdukcapil, DLH, Dishub, PUPR dan DPKPP.

Kemudian, ada juga layanan dari BUMD seperti Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Sayaga Wisata dan juga Bank Tegar Beriman atau BTB.

Sementara untuk layanan dari instansi vertikal di antaranya ada Polres, PA Cibinong, Kejaksaan, PN Cibinong, BNN, Pertanahan, Balai Perlindungan Pekerja Migran, BPOM, Samsat, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan beberapa layanan lainnya.

Asmawa menilai bahwa layanan-layanan itu sangat cocok untuk diterapkan di MPP Kabupaten Bogor. Sebab, gedung yang dimiliki sangatlah representatif. Sehingga akan memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin mengurus sesuatu di MPP ini.

“Tentu dengan hadirnya infrastruktur layanan ini diharapkan bisa
mempermudah dan mempercepat layanan, termasuk transparansi layanannya,” jelas Asmawa.

Di tempat yang sama, Kepala DPMPTSP Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan mengatakan, MPP ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Apalagi, kata dia, Kabupaten Bogor ini merupakan daerah yang luas. Sehingga perlu pelayanan yang terintegrasi yang mampu memangkas waktu layanan.

“Pelayanan terintegrasi ini penting kami berikan agar masyarakat bisa terlayani dengan baik yang tentunya juga memudahkan. Dan dalam uji coba ini kami beroperasi pada setiap Senin sampai Kamis mulai pukul 08.30 -15.00 WIB dan Jumat 08.30 -15.30 WIB sesuai dengan apa yang telah kita sepakati,” jelas Irwan. =MAM/KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.