KIB Bakal Retak Jika Usung Ganjar Sebagai Capres 2024

Pimpinan Partai Politik yang Tergabung Dalam KIB. IST

JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, meyakini Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal retak jika mengusung Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Menurut Jamiluddin, peluang KIB bubar karena mengusung Ganjar sangat besar lantaran akar rumput dari masing-masing partai politik di dalam KIB menghendaki agar Anies Baswedan yang diusung sebagai capres.

“Iyah kalau usung Ganjar berpeluang pecah. Karena akar rumputnya di KIB cenderung ke Anies,” kata Jamiluddin saat dihubungi wartawan, Kamis (24/11/2022).

Jamiluddin menyarankan agar elite partai yang tergabung di dalam KIB tidak mengesampingkan keinginan akar rumput mereka. Kalaupun mau, kata Jamiluddin, KIB benar-benar serius untuk mengusung kader-kader internal mereka.

Jamiluddin berpendapat peluang KIB pecah sangat terbuka bila tetap mengusung Ganjar. Tapi peluang ini akan terjadi bila KIB terbentuk memang murni inisiatif dari petinggi Golkar, PPP, dan PAN.

“Seharusnya KIB mendengar suara akar rumput. Dan mereka menjaring sungguh-sungguh capres yang disarankan para kadernya,” ucapnya.

Namun, dia menilai realitas itu bisa saja sebaliknya, KIB akan tetap utuh karena memang sejak awal terbentuknya atas “titiipan”.

“Jadi, apa pun yang terjadi KIB akan tetap mengusung sosok yang diinginkan pihak sponsor. Mereka tidak akan peduli suara arus bawah. Sebab,  tugas mereka untuk menggolkan keinginan sponsor,” tutupnya. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.