Khawatir Marak Pencurian, Polres Bogor Tingkatkan Keamanan Jelang Lebaran

Ilustrasi keamanan jelang lebaran. IST

CIBINONG – Kepolisian Resor (Polres) Bogor meningkatkan keamanan dan kewaspadaannya akan kasus pencurian jelang lebaran. Musabab, banyak masyarakat mudik dan meninggal rumah mereka saat hari raya tersebut.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin mengaku sudah melakukan pemetaan titik-titik wilayah yang rawan akan tindak pidana pencurian di rumah kosong atau kejahatan jenis lainnya.

“Titik-titik rawan berbagai kejahatan atau tindak pidana lainnya sudah kami buat ‘peta’, untuk menjadi atensi jajaran atau anggota kepolisian. Hal itu demi terciptanya rasa aman dan nyaman di Kabupaten Bogor,” ujar Iman, Selasa (26/4/2022).

Polres Bogor juga membuka layanan pendataan rumah yang akan ditinggal warganya mudik. Hal ini untuk mengantisipasi kejahatan rumah kosong selama mudik Lebaran 2022.

“Kami membuka layanan untuk masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman dengan meninggalkan rumahnya. Untuk masyarakat tolong didaftarkan ke Polsek terdekat agar kami bisa melakukan antisipasi terhadap kejahatan rumah kosong,” kata Iman.

Ditambahkannya, masyarakat yang ingin mudik selain mendata rumahnya, juga bisa menitipkan kendaraan atau barang berharga lainnya di Polsek terdekat.

“Layanan ini diberikan kepada masyarakat tanpa dipungut biaya atau gratis,” jelas Iman.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo mengatakan, terjadinya aksi pencurian sangat mungkin terjadi pada saat momen mudik lebaran karena banyak rumah ditinggal pemiliknya.

“Sejauh ini belum ada laporan atas kehilangan atau yang lainnya di dalam rumah. Karena temen-temen di Polsek pun kini gencar melakukan patroli di wilayah,” kata Siswo.

Ia juga menghimbau agar pemilik rumah yang pergi mudik berkoordinasi dengan aparat wilayah mulai dari tingkat RT/RW serta Babinkamtibmas.

“Sehingga petugas kepolisian mengetahui rumah mana saja yang ditinggal pemudik,” jelas Siswo. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.