Khawatir Jadi Zona Merah, Pemkab Bogor Tak Buka Wisata Puncak

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor memutuskan untuk tidak dulu membuka dan melonggarkan kawasan wisata Puncak pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang berlaku hingga 9 Agustus mendatang.

“Meski sebetulnya kita sekarang berada di level 3, tapi kita belum lakukan pelonggaran. Kita masih sesuaikan dengan wilayah lain di Jabodetabek,” tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin, Rabu (4/8/2021).

Jabodetabek sendiri merupakan wilayah aglomerasi yang ditentukan Pemerintah Pusat dalam perpanjangan PPKM Level 4.

Menurut Ade Yasin, jika kelonggaran dilakukan Pemerintah Kabupaten Bogor, dikhawatirkan akan memperburuk kondisi. Sebab, itu akan memicu kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Kabupaten Bogor.

“Kalau kita longgarkan nanti daerah lain masuk ke kita dan malah nanti jadi zona merah. Maka itu kita harus seragam kebijakannya, kita sesuaikan dengan daerah lain,” jelas Ade Yasin.

Dia pun meminta para pelaku usaha baik hotel, restoran maupun wisata di Kabupaten Bogor untuk memahami kondisi saat ini.

Ade Yasin memastikan jika kebaikan pengetatan wilayah melalui PPKM Level 4 adalah keputusan yang penuh akan pertimbangan.

“Kita semua harus sama-sama memahami, kondisi saat ini belum memungkinkan untuk melonggarkan kebijakan. Maka, kita harap semuanya paham dan mengerti agar kondisi yang kita harapkan bisa segera terwujud,” kata Ade Yasin. =MAM

Diketahui, ada beberapa pertimbangan yang menjadi latar belakang Pemerintah Kabupaten Bogor memperpanjangan PPKM Level 4. Di antaranya :

  1. Mencermati Kebijakan Pemerintah pusat yang memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 selama 7 hari, terhitung sejak 3 Agustus 2021 sampai dengan 9 Agustus 2021, melalui pernyataan resmi yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang disiarkan langsung di Youtube Sekretariat Presiden RI, Senin (2/8/2021).
  2. Sebagaimana Keputusan Bupati Bogor Nomor: 443/385/Kpts/Per-UU/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif Melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 di Kabupaten Bogor, bahwa pemberlakuan PPKM Level 4 berakhir pada tanggal 2 Agustus 2021.
  3. Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bogor selaras dengan kebijakan Pemerintah Pusat akan memperpanjang PPKM Level 4 terhitung mulai tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021.
  4. Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Bogor akan menerbitkan Surat Keputusan Bupati Bogor mengenai perpanjangan PPKM Level 4 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.