Ketua PHRI Apresiasi Kegiatan JKPI dan Berharap Peserta Lakukan Ini

Yuno Abeta Lahay. IST

BOGOR – Penyelenggaraan kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) untuk tahun 2021 diselenggarakan di Kota Bogor. Rencananya JKPI akan berlangsung pada tanggal 02-05 Desember 2021.

Nanti saat kongres JKPI, ada berbagai agenda akan dilaksanakan salah satunya adalah pameran UMKM, Seni dan Budaya. 

Selain itu, karnaval budaya juga akan digelar di GOR Pajajaran yang dimeriahkan oleh lebih dari 30 Kota dan Kabupaten perwakilan JKPI.

Dari informasi, sebanyak 72 delegasi kota dan kabupaten anggota JKPI akan hadir untuk memeriahkan seluruh agenda kongres yang akan diadakan di Kota Bogor

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yuno Abeta Lahay menyambut baik pelaksanaan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang akan diselenggarakan di Kota Bogor. 

Yono mengatakan, penyelenggaraan JKPI akan berdampak pada sektor ekonomi khusus hotel dan restoran.  Untuk hotel kini ada 7 yang sudah di booking untuk kegiatan  JKPI.

“Sudah ada beberapa hotel di Kota Bogor sudah ada bookingan dan itu dapat membantu penjualan kamar hotel, dan untuk restoran semoga bisa berdampak,” jelas dia, Senin (29/11/2021).

Yuno menambahkan, pihak hotel akan memberikan diskon khusus tapi tentunya rekan-rekan di hotel juga mengharapkan adanya konsumsi dan belanja dari peserta. 

“Diharapkan event ini menjadi event contoh pasca pandemi yang tentunya dapat meningkatkan kembali pariwisata Kota Bogor,” kata dia. 

Diketahui, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Atep Budiman, menjelaskan persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari sesuai dengan standar baku acara JKPI, baik kongres maupun rakornas dan seminar.

Mantan Camat Bogor Utara tersebut membeberkan, kongres ini akan dihadiri oleh satu pencetus JKPI pada 2008, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, serta sejumlah gubernur dan delegasi.

Dalam agenda utamanya, yakni Kongres JKPI, akan dipilih dewan presidium dan pengurus untuk masa bakti 2022-2024. 

Atep mengatakan, pada Kamis (2/12), peserta delegasi yang datang akan disambut di Balai Kota Bogor oleh Wali Kota Bogor, Wakil Wali Kota Bogor dan sejumlah pejabat Pemkot Bogor.

“Dalam acara kongres itu, JKPI juga meluncurkan Ibu Kota Kebudayaan. Ada enam kabupaten atau kota yang dinobatkan memiliki karakter kota pusaka,” ujarnya.

Selanjutnya, Atep mengatakan, pada Jumat (3/12) dan Sabtu (4/12) ada pagelaran seni yang juga digelar di area Gedung Eks Bakorwil atau di Bogor Creative Center (BCC). Dilanjutkan dengan City Tour ke beberapa tempat di Kota Bogor, salah sstunya ke Batutulis. Setelah itu, malamnya gala dinner dan karnaval di area hall basket GOR Pajajaran.

Di hari terakhir, Ahad (5/12), acara Kongres ke-V JKPI akan dilaksanakan di Puri Begawan yang akan dihadiri Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dan para gubernur.

“Mungkin waktunya tidak bersamaan di acara kongres, mungkin di gala dinner atau karnaval dan lainnya,” tutup dia.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.