Ketua DPRD Sebut Pembangunan Desa Tak Lepas dari Peran Ade Yasin

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto usai menghadiri pelantikan perpanjangan masa jabatan 410 kepala desa. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menyebut keberhasilan pembangunan di desa tak lepas dari peran Ade Yasin saat menjabat sebagai Bupati Bogor.

Bukan tanpa alasan, Rudy menyebutkan bahwa Ade Yasin yang berpasangan dengan Iwan Setiawan, mampu dengan baik mencetuskan sebuah program yang dinilai dari desa. Yaitu program Satu Miliar Satu Desa (SamiSade).

“Jadi pembangunan desa ini tak lepas dari peran Ibu Ade Yasin dan Pak Iwan Setiawan. Beliau-beliau yang telah mencetuskan program baik ini,” kata Rudy usai menghadiri proses pelantikan perpanjangan masa jabatan 410 kepala desa di Gedung Laga Satria, Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (30/5/2024).

Lebih lanjut Rudy menilai, apa yang dicetuskan dalam program SamiSade adalah suatu terobosan yang patut diapresiasi.

Musabab, kepala desa merupakan seorang panglima pembangunan di Kabupaten Bogor.

“Kepala desa adalah panglima dalam pembangunan di Kabupaten Bogor. Karena kemajuan daerah ini dimulai dari kondisi infrastruktur di desa,” jelas Rudy.

Namun, Rudy meminta para kepala
desa untuk berkomitmen penuh dalam melakukan pekerjaan, melaksanakan program pembangunan wilayah yang didanai oleh pemerintah.

Apalagi, kata dia, dengan besarnya anggaran yang diterima desa, maka program kerja yang dilakukan harus lebih terarah dan langsung dirasakan masyarakat.

“Tentu program kerjanya harus lebih terarah, lebih merata di setiap desa. Apalagi ini sudah dicetuskan dengan baik oleh Ibu Ade Yasin dan Pak Iwan Setiawan,” tegas Rudy.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menyebutkan, pelantikan perpanjangan masa jabatan kepala desa merata dilaksanakan. Mulai dari yang habis 2024 hingga yang akan habis pada 2027.

“Yang kami catat itu ada 19 kepala desa yang harusnya selesai di tahun ini pada November, diperpanjang hingga 2026. kemudian ada 222 kepala desa yang sebelumnya harus selesai di tahun depan itu diperpanjang hingga tahun 2027. Lalu ada 51 kepala desa yang seharusnya dia selesai di tahun 2026, diperpanjang hingga 2028,” beber Renaldi.

Selanjutnya, sambung Renaldi,
ada 88 desa yang harusnya selesai di tahun 2027, diperpanjang hingga 2029.

“Dan ada 36 desa terakhir yang tahun kemarin tahun 2023 hasil pemilihan kepala desa serentak yang seharusnya mereka selesai di tahun 2029 akhirnya karna mereka perpanjangan selesai di tahun 2031,” tandasnya.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.