Kerjasama Dengan PT PLN Persero, PKR-I Gelar Festival UMKM Santri di Alun-alun Cianjur

CIANJUR – Pergerakan Relawan Kemanusiaan dan Lingkungan Indonesia (PKR-I) Kabupaten Cianjur disampingi PLN Peduli menggelar festival UMKM Santri di Taman Alun-alun Cianjur, bertemakan semangat inovasi dalam meningkatkan UMKM di era digital.

Ketua DPC Pergerakan Relawan Kemanusiaan dan Lingkungan Indonesia (PKR-I) Kabupaten Cianjur, Robi Choerul Awalina, S.E mengatakan, untuk UMKM Santri ini sangat bagus dan dirinya sangat mengapresiasi. “Tidak lupa mengucapkan terimakasih banyak kepada PT PLN persero dengan adanya PLN Peduli, kita bisa ngebantu para pelaku UMKM yang awalnya mungkin mereka belum melek digital sekarang sudah paham dengan digital”katanya, Selasa (9/7/2024).

Dengan adanya PKR-I bekerja sama dengan PLN peduli, lanjut Robi, para pelaku UMKM sudah mulai paham bagaimana cara memasarkan di marketplace yang ada, seperti Shoope, Tiktok dll. “Alhamdulillah para pelaku UMKM Cianjur ini bahkan sudah ada yang berjualan online, bahkan ada yang perharinya terjual sampai 500 Pcs/hari,” Kata dia.

Robi mengungkapkan, pihaknya menaungi 40 UMKM hasil seleksi. Ada 35 UMKM di Kabupaten Cianjur dan lima UMKM lagi dari Kabupaten Bogor, Sukabumi, Bandung dan Bekasi. “Tidak lupa kita mengucapkan terimakasih untuk PRK-I pusat khususnya ketum H. Lutfi Hizba telah memberikan kepercayaan kepada DPC Cianjur sekarang menjadi tuan rumah,” tuturnya.

Menurut Robi, pihaknya ingin menyampaikan harapan kepada pemerintah pusat ataupun provinsi dan kabupaten, untuk mendorong sama-sama memajukan para pelaku UMKM yang ada di daerah. “Mungkin kita siap membantu dan siap memberikan masukan yang ingin belajar bersama, dalam memajukan UMKM yang ada, di era serba digital ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Sekretaris Daerah, Wiguno mengatakan, penanganan UMKM di Kabupaten Cianjur ada program seperti pengemasan, pemasaran dan pemodalan. “Salah satunya ada program kredit tanpa bunga itu program Bupati, realisasinya tahun ini dan mungkin bisa tahun depan demi memajukan ekonomi di Cianjur,” paparnya.

Dalam pengajuan nya kredit tersebut, dapat melampirkan syarat untuk mendapatkan pinjaman. “Pengajuannya mudah seperti KTP, KK dan izin usaha, untuk bunganya sendiri dibayarkan oleh pemerintah daerah,”ucapnya..

Untuk kegiatan ini, kalau UMKM Santri sangat bagus dari awal produksi sendiri hingga pemasaran sangat bagus. “Terkait izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) pihaknya akan bantu asal ada kerjasama dengan dinas perdagangan dalam mengurus izinnya,”kata dia.

Wiguno menuturkan, dirinya ingin di Kabupaten Cianjur UMKM bisa berkembang, bisa berjalan dan melebar hingga nusantara. “Intinya demi kemajuan ekonomi bersama, dengan UMKM berdaya,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.