Kendala Jarak Tempuh Terlalu Jauh, Warga Cariu Minta Polres Bogor Buka Layanan SIM dengan Cara Jemput Bola

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi. IST

CARIU – Jarak tempuh yang begitu jauh membuat masyarakat Kecamatan Cariu mengalami kesulitan saat membutuhkan pelayanan yang ada di pusat pemerintahan, Cibinong, Kabupaten Bogor. Salah satunya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Karena jarak terlalu jauh akhirnya banyak dari mereka tak mengurus legalitas berkendara tersebut.

Terkait ini, Salah satu warga Cariu, Dede meminta Kepolisian Resort Bogor untuk mendatangi masyarakat Cariu agar bisa membuka layanan SIM di wilayahnya. “Atau ada kolektif pembuatan SIM,” ujar Dede kepada wartawan belum lama ini.

Selain SIM, masyarakat Cariu juga mengeluhkan surat laporan kepolisian yang tidak bisa ditangani Polsek setempat.

“Kan ada beberapa laporan kehilangan yang tidak bisa dilaporkan di Polsek, jadi harus ke Polres, ini juga menjadi masalah bagi kami yang tinggal di Kecamatan Cariu,” ucapnya.

Lanjut dia, kondisi ini membuat warga Cariu merasa perlu ada kebijakan baru dari kepolisian khusus wilayah-wilayah yang jaraknya jauh dan berada di perbatasan kabupaten.

“Kan seperti kami di Cariu ini sangat jauh kalau harus ke Cibinong, belum warga Tanjungsari, Tenjo, Jasinga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Log Polres Bogor, Kompol Ari Trisnawati mengatakan, untuk pembuatan SIM baru dilaksanakan di Cariu akan disampaikan ke Satuan Lalu Lintas. Saat ini memang kepolisian khususnya satuan lalu lintas baru menyediakan mobil SIM keliling lantas Polres Bogor.

“Itu pun khusus perpanjangan SIM, dan sudah ada jadwalnya bisa dicek online,” ujar Ari Trisnawati.

Meski demikian, keinginan masyarakat Cariu ada layanan jemput bola terkait pembuatan SIM akan dikoordinasikan kepada bidang berwenang. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.