Kenalkan Senam Bogor Berlari, Dispora Kota Bogor Mulai Datangi Ponpes

Kegiatan senam dan olahraga bersama yang dilakukan jajaran Dispora dan perwakilan Ponpes Daarul Ulum, akhir pekan lalu. IST

BOGOR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor mendatangi pondok pesantren. Kedatangannya untuk mengajak olahraga bareng santriwati dan santriawan.

Seperti yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarul Uluum di Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, akhir pekan lalu.

Pagi itu kegiatan diawali dengan senam Bogor Berlari yang diikuti ratusan santri.

Kepala Dispora Kota Herry Karnadi mengungkapkan, olahraga bareng satri merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan tahun ini. Sebelumnya kegiatan itu dilaksanakan lebih kepada di lingkungan masyarakat pada masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini sudah kita rencanakan sejak tahun 2020. Pada saat pandemi Covid-19 kita masuk ke area masyarakat, setelah kondisi memungkinkan baru sekarang bisa dilaksanakan di pesantren,” terang Herry.

Herry melanjutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dengan menjadikan olahraga sebuah habit atau kebiasaan di lingkungan Ponpes.

“Tujuan sama, seperti dulu berkaitan dengan Covid-19, namun sekarang lebih luas karena sudah bicara kesehatan dan kebugaran. Jadi lebih kepada pembudayaan olahraga, dengan mengajak masyarakat untuk habitnya olahraga,” katanya.

Di tahun ini, Dispora Kota Bogor telah melaksanakan olahraga bareng santri di lima Ponpes. Selain senam bersama para santri, pihaknya juga menggelar turnamen futsal, voli, bulutangkis dan panahan.

“Sekarang ada lima pesantren, memang tidak setiap bulan kita ke pesantren, makanya diberikan juga alat-alat olahraga agar bisa melaksanakan habit olahraga. Ada alat-alat untuk voli, futsal, bulutangkis dan panahan. Selain itu ada masker dan handsanitezer yang kita berikan,” paparnya.

Mantan Kepala Satpol PP Kota Bogor ini mengatakan, olahraga panahan dipilih menjadi salah satu untuk olahraga dalam Islam yang diturnamenkan di Ponpes Daarut Uluum.

“Iya salah satu olahraga rosul panahan, kuda dan renang juga tapi tidak memungkinkan, jadi kita bikin panahan untuk sentuhan islaminya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Ponpes Daarul Uluum, Sahidin menyampaikan rasa senang atas kehadiran Dispora Kota Bogor untuk mengolahragakan para santri di lingkungan Ponpes Daarul Uluum.

Pasalnya, sambung Sahidin, baik pelajar termasuk juga santri dalam kondisi mereka yang terus berjuang menuntut ilmu itu perlu akal dan jiwa yang sehat. Salah satu yang menopang hal tersebut adalah olahraga.

“Alhamdulillah juga Dispora selain menggelar berbagai kegiatan olahraga juga memberikan alat-alat olahraga secara gratis. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak kita,” ungkapnya menambahkan.

Sahidin berharap kegiatan olahraga terus dijaga bukan hanya untuk menyehatkan pelajar maupun santri, tetapi seluruh masyarakat Kota Bogor.

“Mudah-mudahan olahraga ini terus dilestarikan untuk seluruh masyarakat, yang pada akhirnya Kota Bogor masyarakatnya sehat, kuat dalam menghadapi cobaan yang sekarang penuh ujian. Di antaranya corona masih ada,” paparnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.