Kemudahan Informasi Melalui Inovasi Puskesmas Laladon “Popkesla”

Puskesmas Laladon meluncurkan inovasi 'Popkesla'. IST

BOGOR – Angka kunjungan pasien sakit di bulan Februari 2021 mencapai angka 1.634 kunjungan dari total penduduk di wilayah binaan Puskesmas Laladon sebanyak 34.656 jiwa yang terdiri dari 2 desa/kelurahan binaan.

Dimana satu orang pasien bisa datang lebih dari satu kali kunjungan dalam satu bulan. Dari data 10 besar penyakit yang dilaporkan oleh Surveilans, penyakit terbanyak yang dilaporkan adalah ISPA, Myalgia, dan Gastritis.

Penyakit-penyakit ini dapat dicegah gaya hidup sehat dan bersih. Namun karena penyakit tersebut masih dilaporkan sebagai penyakit terbanyak diderita maka hal ini menggambarkan bahwa upaya promotif Puskesmas Laladon belum dapat membangun derajat kesehatan masyarakat di wilayah binaan Puskesmas Laladon.

Siniar atau siaran web tanalir adalah serangkaian berkas media digital yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui sindikasi web. Kata ‘podcast’ mengalahkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan umpan web (Wikipedia).

POPKESLA merupakan singkatan dari Podcast Puskesmas Laladon. POPKESLA dibuat dengan tujuan umum untuk menaikkan derajat kesehatan masyarakat khususnya masyarakat binaan Puskesmas Laladon.

Dengan menggunakan platform sosial media seperti youtube dan instagram, semua warga diharapkan dapat menerima informasi kesehatan dengan akses yang mudah dan murah.

Dengan mudahnya masyarakat dalam menerima informasi kesehatan diharapkan masyarakat secara mandiri dapat menerapkan gaya hidup sehat dan bersih dalam kehidupannya sehari-hari sehingga setelah diterapkan masyarakat secara terus menerus akan memperoleh kehidupan yang lebih sehat dan berkualitas dan secara langsung akan meningkat derajat kesehatannya sendiri. =ADV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.