Kemenikbud RI Tetapkan Kabupaten Bogor Sebagai Salah Satu Penyelenggara Program Sekolah Penggerak

0
Wakil Bupati Iwan Setiawan saat melakukan sosialisasi Program Sekolah Penggerak kepada kepala sekolah di Kabupaten Bogor secara daring, di ruang VIP A, Gedung Tegar Beriman, Cibinong. -Diskominfo-

CIBINONG – Kabupaten Bogor, ditetapkan sebagai salah satu penyelenggara Program Sekolah Penggerak tahap pertama oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengklaim, penetapan Kabupaten Bogor dilatarbelakangi meningkatnya angka
Harapan Lama Sekolah (HLS) dan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) yang juga mendongkrak naiknya kedua hal tersebut secara nasional.

“Alhamdulillah di Kabupaten Bogor juga selalu meningkat. RLS Kabupaten Bogor tahun 2019 yaitu 8,18 tahun, meningkat dibandingkan tahun 2018 yaitu 7,88 tahun. HLS tahun 2019 adalah 12,45 tahun, meningkat jika dibandingkan tahun 2018 yaitu 12,44 tahun,” kata Iwan, usai sosialisasi Program Sekolah Penggerak kepada kepala sekolah secara daring di ruang VIP A Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (15/2/2021).

Dilihat dari rilis Kemendikbud, hasil survei lembaga internasional Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 menyebutkan 60 sampai 70 persen peserta didik Indonesia secara nasional masih berada dibawah standar kemampuan minimum sains, matematika dan membaca.

Kata Iwan, Kabupaten Bogor menjadi salah satu daerah penggerak peningkatan kualitas pendidikan. Bahkan, penerapan tersebut dibarengi dengan perjanjian dalam Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan Kemendikbud, Januari tahun lalu.

Iwan menilai, Program Sekolah Penggerak sejalan dengan program pembangunan Kabupaten Bogor Pancakarsa khususnya Karsa Bogor Cerdas demi terwujudnya visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban.

Program ini, sambungnya, akan menuntut pemanfaatan platform teknologi informasi dan komunikasi yang tentunya perlu didukung oleh akses listrik, jaringan internet, perangkat dan SDM.

”Program Sekolah Penggerak diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan bertransformasi meningkatkan mutu pembelajaran kemudian melakukan pengimbasan ke sekolah lain agar juga meningkat mutunya,” jelas Iwan.

Sekedar diketahui, Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Indonesia maju di sektor pendidikan yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program tersebut
akan mengakselerasi sekolah negeri atau swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.