Kembangkan Potensi Anak, Disdik Gencar Genjot PAUD di Kabupaten Bogor

Saat Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor sedang melaksanakan Workshop Paud HI. (Ist)

CIBINONG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor saat ini tengah menggelar kegiatan Workshop Paud (Pendidikan Usia Dini) Holistik Integratif (HI).

Kepala Seksi Kurikulum dan Kelembagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Rony Kusmaya mengatakan bahwa Workshop tersebut bertujuan untuk penguatan Paud Holostik Integratif menuju layanan yang berkualitas.

“Hari ini kita menggelar kegiatan Workshop Holistik Integratif yang bertujuan agar Paud HI mendapatkan layanan yang lebih berkualitas dan pengembangan anak usia dini,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa ada perbedaan dari Paud Holistik Integratif (HI) dengan Paud biasa pada umumnya dalam pembelajaran kepada anak usia dini.

“Kalau Paud biasa itu hanya penyampaian perkembangan anaknya, sedangkan Paud HI itu bukan pendidikan usia dini tetapi pengembangan anak usia dini holistik,” jelasnya.

Bahkan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Holistik juga untuk memperkuat di 5 layanan di leading sektor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bogor.

“Sasarannya untuk memperkuat polistik dan sasarannya juga untuk memperkuat lembaga yang ada di 5 layanan yang harus dilayani Paud Hi, terutama layanan endidikan, kesehatan dan gizi, pengasuhan, keamanannya dan kesejahteraannya,” ungkapnya,

Ia menuturkan dari 5 item tersebut dapat bekerja sama dengan intansi terkait misalnya seperti untuk pendidikan di Dinas Pendidikan, untuk kesehatan dari Dinas Kesehatan dan angka anak berada di sektor Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor.

“Untuk di bidang lalu lintas, Paud HI juga bisa bekerja sama dengan polisi. Dan pada intinya Paud Hi ini bukan tugasnya sendiri tetapi tugas pemerintah darerah karena semua leading sektor harus membantu itu karna bukan bicaranya pendidikan usia dini tapi pengembangan usia dini,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.