Kemah Bela Negara, Anggota Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor Didiklat di Dodiklatpur Rindam Jaya

Kwarcab Kabupaten Bogor menggelar Kemah Bela Negara. IST

PAMIJAHAN – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor menggelar Kemah Bela Negara. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari Jumat (13/5/2022) hingga Sabtu (14/5/2022).

Pelaksanaan Kemah Bela Negara kali ini berbeda. Kwarcab Kabupaten Bogor memilih Dodiklatpur Gunungbunder Rindam Jaya, Kecamatan Pamijahan sebagai tempat lokasi kegiatan. Di tempat ini para peserta akan ditempa langsung oleh pihak Rindam Jaya.

Dalam amanat pembukaannya, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Agus Ridallah mengapresiasi kegiatan Kemah Bela Negara. Dia ingin kegiatan untuk membentuk jiwa-jiwa patriotisme dan nasionalisme ini dilaksanakan secara maksimal.

“Ini adalah kegiatan yang sangat bagus untuk menempa kedisiplinan, jiwa korsa, dan kepemimpinan. Gak boleh cengeng, lemah, semua harus semangat. Semua peserta harus ikut kegiatan yang sudah diprogramkan panitia,” kata Agus.

Meski hanya dua hari, namun Agus berharap Kemah Bela Negara ini dapat merubah sikap, perilaku, mental, dan kebersamaan alias jiwa korsa yang tinggi pada setiap anggota Pramuka penegak dan pandega di Kwarcab Kabupaten Bogor.

“Kami berharap banyak dengan dua hari ini adik-adik menjadi penegak pandega luar biasa yang penuh disiplin,” ujarnya.

Peserta Kemah Bela Negara ini terdiri dari anggota Pramuka penegak dan pandega perwakilan di seluruh kwartir ranting di Kwarcab Kabupaten Bogor yang tergabung dalam dewan kerja cabang (DKC), dewan kerja ranting (DKR), dan unit protokol.

Menurut Agus, alasan pengurus DKC, DKR, dan protokol yang menjadi peserta Kemah Bela Negara lantaran mereka memilih peran yang banyak dalam rangka pembinaan penegak dan pandega secara keseluruhan.

“Mereka ini para pemimpin-pemimpin yang harus kita tempa, sehingga dengan kegiatan yang kita selenggarakan ini akan terbangun jiwa korsa yang nantinya mereka bisa merumuskan program bareng-bareng, melakukan pembinan terhadap program-program kepenegakan dengan kwarcab. Ini akan menjadi bagian proses pendidikan sangat penting,” imbuhnya. =DRN/*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.