Kehilangan 86 Pegawai Tahun Ini, Pemkab Buka Peluang Rotasi-Mutasi Pejabat

Ilustrasi rotasi mutasi pejabat. IST

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor, akan kehilangan 86 orang pegawainya di tahun ini. Para aparatur sipil negara (ASN) tersebut, akan mengakhiri masa jabatannya sebagai ASN karena memasuki masa pensiun.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Nia Kusmardini mengatakan, 86 ASN yang akan pensiun tersebut meliputi pejabat esselon IIB hingga esselon IV.B.

“Jadi tahun ini ada 86 orang yang akan pensiun dari beberapa golongan,” kata Nia, Rabu (24/3/2021).

Berdasarkan catatan BKPSDM, Nia mengungkapkan jika ASN esselon II yang akan memasuki masa pensiun di antaranya Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Ronny Sukmana dan Asisten Administrasi Umum, Yous Sudrajat.

Sedangkan untuk eselon IIIA ada 13 orang yang akan pensiun, yang terdiri dari enam sekretaris dinas, tiga orang camat, satu orang Kabag Tata Pemerintahan pada Setda, satu orang Kabag Keuangan pada RSUD Leuwiliang dan satu wakil direktur pelayanan pada RSUD Ciawi.

Sementara untuk enam orang sekretaris dinas diantaranya adalah Sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kardenal, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Atis Tardiana, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Achmad Zaenudin, Sekretariat Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ati Iravati Dewi, Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Wawan Setiawan Haryono dan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Yanti Gunayanti.

Lalu untuk tiga orang Camat yang akan pensiun diantaranya adalah Camat Cibungbulang Yudi Nurzaman, Camat Cigombong Minarso dan Camat Rancabungur Ishak Mairu.

Dengan banyaknya pejabat yang akan pensiun ini, Nia mengungkapkan proses lelang terbuka akan dimulai, namun ia belum bisa memastikan kapan dimulainya.

Namun begitu, Nia menyebut jika hal itu bisa ditutupi jika seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilaksanakan.

Kata dia, jika CPNS Jadi dilaksanakan, Kabupaten Bogor telah mendapatkan jatah formasi sebanyak 830 orang.

“Wacananya ada, tapi masih nunggu kepastian formasi dan jadwal dari pusat,” jelas Nia.

Sementara di samping itu, proses lelang jabatan sendiri saat ini sedang berjalan di Kabupaten Bogor. Dimana lima camat yang ada diketahui tengah berebut kursi jabatan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Dari informasi yang didapat, lima orang camat tersebut di antaranya, Camat Cijeruk Hadijana, Camat Jonggol Andri Rahman, Camat Babakan Madang Cecep Iman Nagarasid, Camat Tamansari Bayu Ramawanto dan Camat Tenjolaya Farid Ma’rup.

Kabid Formasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Hartono Anwar mengungkapkan, total keseluruhan pejabat yang ikut dalam open bidding jabatan esselon II tersebut berjumlah enam orang.

Dimana satu orang lagi di luar camat yaitu Inspektur pembantu III pada Inspektorat Kabupaten Bogor Ade Hasrat.

“Total ada enam orang yang mengikuti proses lelang jabatan ini,” kata Anwar. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.