Kecewa Berat, Sekda Minta Kepala UPT Pendapatan Daerah Cermat Gali Potensi yang Menguntungkan

Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di bawah Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) untuk lebih cermat dalam menggali potensi pendapatan.

Burhan mengaku kecewa dengan minimnya pendapatan pajak selama triwulan I tahun 2022. Terutama pada sektor reklame dan parkir.

Dia membeberkan, hingga 10 Maret 2022, realisasi penerimaan pajak daerah Kabupaten Bogor mencapai Rp418,1 miliar. Namun, pajak reklame hanya menyumbangkan Rp4,6 miliar dan pajak parkir hanya Rp2,6 miliar.

“Saya tekankan kepada para Kepala UPT Bappenda harus menguasai wilayah masing-masing, sehingga bisa menggalo potensi-potensi pendapatan,” kata Burhan, Kamis (7/4/2022).

Kata dia, sektor lain penyumbang dalam penerimaan pendapatan Kabupaten Bogor yakni Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Rp10,251 miliar, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Rp124,288 miliar, pajak mineral bukan logam dan batuan Rp22,3 miliar.

Lalu pajak air tanah Rp12,9 miliar, pajak penerangan jalan Rp53,3 miliar, pajak hiburan Rp13,8 miliar, pajak restoran Rp50,9 miliar dan pajak hotel Rp27,8 miliar.

Burhan berharap agar pengelola pajak parkir berinovasi dengan menerbitkan kartu parkir bagi setiap pemilik kendaraan bermotor seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Dia menilai, cara tersebut mampu meningkatkan pendapatan dari sektor parkir di Sumedang dari Rp250 juta menjadi Rp6 miliar.

“Itu kan sangat signifikan. Kita juga seharusnya bisa melakukan hal yang sama, selain mengoptimalkan pajak reklame,” tegasnya.

“Untuk reklame, saya sudah
instruksikan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) agar segera merancang Peraturan Bupati (Perbup) mengenai inovasi terbaru yang sedang disiapkan untuk mengelola pajak reklame,” tandas Burhan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.