Kecamatan Cijeruk Gencar Peningkatan Rls

Suasana rapat koordinasi bidang pendidikan di Kecamatan Cijeruk. (Ist)


CIJERUK- Angka rata lama sekolah (Rls) di wilayah Kecamatan Cijeruk 7, 71 hanya sampai SMP, bahkan mayoritas hanya lulus kelas 7 dan kelas 8 SMP. Hal itu membuat pihak kecamatan memutar otak, sehingga menggelar rapat kordinasi dengan para pelaku pendidikan, seperti  KUA, MUI, Kades, Penyuluh agama, pengawas pendidikan, K3S, dan Koordinator MI, Kordinator MA, Himpaudi, Pokja Pondok Pesantren untuk mencari solusi mengingatkan angka rata rata  lama sekolah.


“Angka rata rata putus sekolah Cijeruk 7,71, rata rata lulusan kelas 7 dan 8 SMP, makanya pak Camat muter otak bagaiman meningkatkan angka rata rata lama sekolah minimal SMA walaupun itu berat, tapi kita mencari solusi bersama pelaku pendidikan dalam rakor ini,” kata Lisnawati Kasi Penkes Kecamatan Cijeruk saat ditemui Pakar.


Dia menjelaskan, dengan kegiatan rakor tersebut membangun komunikasi dengan para pelaku pendidikan khusus nya ponpes, untuk memecahkan masalah tersebut hingga bisa meningkatkan angka lama sekolah. “Kita bangan komunikasi satukan misi angka  rata rata lama sekolah, Kita bagun komitmen bersama tokoh masyarakat pimpinan Ponpes, maupun pelaku pendidikan yang lain,” ujarnya.


Ditempat yang sama Camat Cijeruk Sobar Mansoer menambahkan, dalam rakor tersebut tercapai kesepakatan bersama untuk mulai mengambil langkah strategis sehingga Cijeruk mampu meningkatkan angka Rata rata sekolah. “Dalam Rakor tersebut, alhamdulillah  kami semua sepakat, Untuk meningkatkan angka lama sekolah, dan direkomendasikan, membentuk tim gabungan dengan melakukan pendataan kepada masyarakat yang pus sekolah,” ujarnya.


Dia menegaskan, diawali dengan pendataan tersebut untuk memastikan jumlah angka rata rata sekolah disetiap desa, karena kata dia saat ini jumlah  real nya kita belum tahu sehingga sepakat diawali dengan pendataan. “Cijeruk ini, mayoritas salah satunya dengan ponpes karena Cijeruk rata rata salafi, setelah pendataan ini baru tim gabungan menentukan langkah apa yang akan diambil untuk meningkatkan angka Rata rata putus sekolah Cijeruk, masih panjang jenjangnya, karena menentukan langkahnya menunggu hasil pendataan,” tambahnya. 


Dia menjelaskan, Cijeruk yang berbatasan dengan kota Bogor  saya masuk IPM Cijeruk peringkat 36 tahun 2022 data Bapedalitbang  jadi lanjut dia, Dirinya bertugas di Cijeruk Jadi target meningkatkan angka lama sekolah. “Target baru bisa dilaksanakan karena terhalang kemaren sibuk pemilu,” pungkasnya.  UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.