Kecamatan Caringin Luncurkan Inovasi SiDiA

    Kecamatan Caringin membuat inovasi arsip berbasis digital yaitu Sistem Digital Arsip. IST

    CARINGIN – Kecamatan Caringin membuat inovasi arsip berbasis digital yaitu SiDiA (Sistem Digital Arsip). Munculnya inovasi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan arsip yang ada di Kecamatan Caringin, diantaranya yaitu sistem pengarsipan yang masih manual membuat proses pencarian berkas atau arsip memerlukan waktu yang tidak sebentar. Selain persoalan waktu, Ketika pengarsipan masih bersifat manual, terdapat juga peluang hilangnya berkas/arsip.

    Aplikasi Sistem Digital Arsip (SiDiA) merupakan aplikasi pengelolaan Arsip/Dokumen berbasis digital. Digunakan untuk menyimpan/ mengarsipkan dokumen-dokumen penting dalam bentuk digital/elektronik, dan menyimpannya melalui server yang terhubung dengan internet.

    Menurut Camat Caringin, bahwa penggunaan aplikasi dikelompokan berdasarkan Bagian/Seksi yang ada di Kecamatan Caringin.Untuk menjaga tertib dokumen, antar seksi tidak dapat mengakses dokumen satu sama lain. Setiap bagian/seksi hanya dapat mengelola dokumen yang ada di bagiannya masing-masing. Pengendalian penuh hanya dapat dilakukan oleh akun Admin pada Kecamatan Caringin.

    Demikian juga bimbingan teknis khusus selalu diberikan kepada para pegawai di Kecamatan Caringin untuk mensosialisasikan inovasi SiDiA (Sistem Digital Arsip) ini. Dengan adanya inovasi ini, pengarsipan tidak lagi bersifat manual, namun sudah berbasis digital yang kemudian berdampak pada kemudahan mengakses pencarian berkas/arsip di Kecamatan Caringin. =ADV

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.