Kecamatan Babakan Madang Larang Warganya Lakukan Pengeboran Air Bawah Tanah Tanpa Izin

Kasi Trantib Kecamatan Babakan Madang, Aus Firdaus. IST

BABAKAN MADANG – Pemerintah Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor melarang warganya melakukan pengambilan air bawah tanah tanpa se-izin instansi terkait

Larangan ini dilakukan untuk menghindari sesuatu hal yang tak diinginkan ditengah beberapa wilayah di Kecamatan Babakan Madang dalam kondisi kesulitan air bersih.

Kasi Trantib Kecamatan Babakan Madang, Aus Firdaus mengatakan, sebenarnya imbauan untuk tidak melakukan aktivitas pengambilan air bawah tanah ini sudah dilakukan sejak kejadian adanya gas dari sumur bawah tanah di Kecamatan Sukaraja beberapa waktu lalu.

“Tak lama dari situ, Pemerintah Kecamatan Babakan Madang mengimbau melalui surat edaran untuk tidak membuat sumur dengan kedalaman sampai 100 meter tanpa izin pihak terkait (ESDM) provinsi Jawa barat,” ujar Aus Firdaus, Rabu (1/11/2023).

Selain melalui surat imbauan, pihaknya pun kerap meningkatkan patroli. Tidak hanya memastikan warganya melakukan aktivitas pengambilan air bawah tanah, tapi pihaknya pun sambil memastikan desa mana saja yang membutuhkan air bersih.

“Jadi sambil mengawasi masyarakat takut buat sumur dengan kedalaman hingga ratusan meter, kami pun memantau masyarakat yang membutuhkan air bersih,” ucapnya.

Ia berharap masyarakat memahami apa yang sudah dihimbau pemerintah terkait larangan pengambilan air bawah tanah tanpa izin pihak terkait.

“Kalau butuh air bersih, buat permohonan ke desa lalu ke BPBD, InsyaAllah air bersih akan dikirim,” pungkasnya.

Senada dikatakan, Komandan Regu Pol-PP Kecamatan Babakan Madang, Hendra. Menurutnya, ada tiga desa masih krisis air bersih. Namun sejak adanya bantuan toren dan air bersih dari Pemkab Bogor sudah sangat membantu.

“Tapi kami terus memantau keterisian air di toren, jika sudah hampir habis kami akan langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bogor,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.