Kebutuhan Blangko Mencapai 80.058, Dikirim Hanya 4.000, Begini Reaksi Disdukcapil

Ilustrasi KTP Elektronik. IST

CIBINONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor masih terkendala blangko KTP untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum memiliki identitas diri tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Bambang Setiawan mengatakan, pengiriman blangko KTP dari Kementerian Dalam Negeri dilakukan secara bertahap.

“Kemarin kita baru dapat lagi sekitar 4.000 blangko,” ujar Bambang Setiawan kepada wartawan, Senin (7/8/2023).

Lanjut dia, saat ini kebutuhan blangko KTP mencapai 78.058. Namun karena pengiriman blangko terbatas membuat banyak masyarakat yang sudah terekam tidak lantas langsung jadi. “Kadang bisa nunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan e-KTP,” ucapnya.

Sampai saat ini, kata dia, Disdukcapil masih menunggu pengiriman blangko KTP. Bahkan, ia sudah memerintahkan Bidang kependudukan untuk jemput bola ke Dirjen Kependudukan Kemendagri RI.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat yang sudah melakukan perekaman tapi belum mendapatkan fisik identitasnya agar bisa bersabar.

“Kita sih ingin cepat, tapi pengiriman blangkonya gak bisa diburu-buru, karena kan se-Indonesia juga sama nunggu,” jelasnya.

Namun begitu, Bambang mengaku masih menunggu rencana Ditjen Dukcapil Kemendagri mengganti KTP elektronik menjadi digital. “Iyah ada rencananya akan ada perubahan dari KTP elektronik ke IKD,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.