Kebanyakan Tiket Masuk, Wisatawan ke Cibodas Cipanas Ogah Berkunjung

CIANJUR—Akibat terlalu banyaknya loket tiket masuk kekawasan destinasi wisata Cibodas, akhirnya pengunjung malas untuk kembali mengunjungi lagi kekawasan Cibodas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Pasalnya, untuk memasuki kawasan destinasi wisata tersebut, terdapat beberapa loket tiket. Dari mulai loket tiket pertama, harus membayar Rp 12 ribu/ orang belum ditambah biaya parkir.


Informasi yang berhasil dihimpun, dari harga tiket diatas tersebut, wisatawan hanya sekedar melintas saja. Namun, apabilla wisatawan bertujuan ingin mengunjungi area wisata lainnya yang ada di kawasan seperti penyuguhan kesegaran alam Gunung Gede. Seperti ke area wisata Kebun Raya Cibodas, area Golf, dan Taman Komodo. Kembali akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 25 ribu/orang.


Seorang wisatawan asal Tangerang, Mulya Permana (30) mengaku harga tiket masuk ke kawasan wisata Cibodas terlalu mahal. Pasalnya, terlalu banyak tarikan tiket akibatnya membuat para wisatawan tidak akan kembali berkunjung kekasawan destinasi wisata kekawasan Cibodas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur tersebut.


“Memang tiket masuk kekawasan wisata Cibodas, terlalu mahal. Coba saja bayangkan dari sejak pintu gerbang pertama kita dikenakan tarif masuk sebesar Rp 12 ribu/ orang belum ditambah biaya parkir Rp 3 ribu/kendaran motor, sedangkan untuk mobil tarifnya Rp 5 ribu/orang. Apabila bertujuan kearea Kebun Raya Cibodas, harus membayar tarif lagi sebesar Rp 25 ribu/orang. Jika ditotalkan bagi wiasatawan pengguna sepeda motor, harus membayar Rp 40 ribu/ orang,” keluh Mulya kepada wartawan, Kamis (9/6/2022).


Seharusnya, lanjut Mulya, pengelola kawasan wisata Cibodas bisa menggunakan sistim pelayanan satu pintu dengan tarif tiket masuk yang lebih wajar. Karena kedatangan pengunjung kekawasan tersebut, tujuannya utama ke area Kebun Raya Cibodas. “Intinya, banyak wisatawan yang berkunjung merasa kecewa, akibat dari terlalu banyaknya tarif tiket masuk kekawasan tersebut. Setadinya saya akan kembali dengan membawa keluarga kesini. Tapi kalau, terlalu banyaknya tarikan tarif seperti begini ogah untuk kembali,” tandasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)Kabupaten Cianjur, Pratama Nugraha saat dihubungi wartawan mengaku jika harga tiket masuk ke kawasan wisata Cibodas tersebut, masih tergolong sangat murah apabila dibandingkan dengan tiket masuk di sejumlah destinasi wisata lainnya.

Pasalnya, retribusi tiket masuk ke kawasan wisata Cibodas tersebut, dikelola oleh tiga dinas, masing-masing Disbudpar, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur dengan menunjuk mitra atau rekanan.

“Memang betul pengelolaannya dibagi tiga dinas, dan sebagai pelaksana dilapangan diberikan ke pihak rekanan atau mitra. Masih sangat murahlah (Harga tiket), jika dibandingkan dengan harga tiket masuk di sejumlah lokasi wisata yang lain, meskipun statusnya masih tahap uji coba,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.